Kick Off Perdana Program Cirebon Katon Bersihe Tahun 2024

Kick Off Perdana Program Cirebon Katon Bersihe Tahun 2024
0 Komentar

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon kembali menggiatkan program penanganan dan penanggulangan sampah, setelah sukses digelar pada tahun 2022 yang memfokuskan pada pemberdayaan dan pengelolaan sampah masyarakat, serta tahun 2023 yang memberikan edukasi kreativitas pemanfaatan sampah bagi kalangan pelajar. Kini, di tahun 2024, program Cirebon Katon Bersihe difokuskan dalam membersihkan lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah liar, atau yang lebih dikenal dengan sapu bersih TPS liar.

Program Cirebon Katon Bersihe dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon tahun 2024 dimulai di Desa Ambit, Kecamatan Waled, pada Minggu, 25 Februari 2024. Program ini merupakan tahun ketiga DLH dalam penanganan dan penanggulangan sampah, dan mendapat respon positif dari masyarakat, pemerintah desa, dan pemerintah kecamatan setempat.

Respon positif tersebut terlihat dari antusiasme warga yang secara sukarela datang dan terlibat dalam program tersebut. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, Iwan Ridwan Hardiawan, menjelaskan bahwa kick-off program Cirebon Katon Bersihe tahun ini bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) atau HPSN tahun 2024.

Baca Juga:Heru Cahyono : Waspada Pergeseran dan Otak-atik Suara Hasil PilegPemdes Galagamba Lantik 17 Perangkat Desa

Moment tersebut dijadikan semangat oleh pihaknya dalam kembali menggiatkan program Cirebon Katon Bersihe, yang pada tahun ini difokuskan pada pembersihan lokasi tempat pembuangan sampah liar, dan direncanakan akan dilakukan setiap hari Minggu. Iwan menjelaskan bahwa pembersihan TPS liar menjadi hal yang sering dilakukan oleh pihaknya, namun TPS liar yang sudah dibersihkan dalam waktu yang relatif tidak lama, kembali dipenuhi sampah.

Melalui program ini, pihaknya berupaya agar TPS liar tidak kembali dipenuhi sampah dengan melakukan alih fungsi lahan berupa penanaman pohon di lokasi TPS liar, pemasangan spanduk himbauan, serta penempatan bak kontainer pengangkut sampah, agar ke depannya dapat terjalin kerjasama pengangkutan sampah dengan pemerintah desa.

Dalam program Cirebon Katon Bersihe tahun 2024 bertajuk “Sapu Bersih TPS Liar”, Dinas Lingkungan Hidup melibatkan sejumlah komunitas peduli lingkungan sebagai motor penggerak, dengan turut memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pemanfaatan sampah bernilai ekonomis kepada masyarakat.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

0 Komentar