Kebiasaan Buruk Orang Indonesia Mie instan Campur Nasi, Kenali Beberapa Efek Sampingnya! Memicu Obesitas

Mie instan efek
Freepik/A3pfamily
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Siapa yang suka mencampur mie dengan nasi? Ternyata hal tersebut bisa mengakibatkan beberapa efek yang tidak baik untuk kesehatan. Hali ini dikarenanakan keduanya hanya tinggi karbohidrat tapi rendah nutrisi. Mie instan campur nasi ini juga bisa mengakibatkan malnutrisi hingga meningkatnya risiko kanker.

Sebetulnya mencamour mie instan dengan nasi ini bukan hal yang aneh di kalangan masyarakat Indonesia. Mereke merasa jika makan mie saja dirasa kurang kenyang dan tak lengkap jika tidak ditambah dengan nasi. Kebanyakan orang pun menganggap mi instan sebagai lauk dan bukan sumber karbohidrat.

Mengonsumsi mie instan inu menjadi salah satu makanan yang praktis dikala lapar melanda. Selain harganya yang murah, cara membuatnya juga sangat mudah. Namun, perlu kamu ketahui bahwa kebanyakan mi instan memiliki kandungan karbohidrat, lemak, dan sodium yang tinggi saja. Berikut ini efek samping mie instan campur nasi.

Baca Juga:Kenali 5 Fakta Nutrisi Mie Instan Pasti Belum Banyak yang Tahu, Apakah Baik atau Buruk untuk Kesehatan?Bisa Menyebabkan Obesitas dan Keguguran, Kenali 6 Dampak Buruk Mie Instan yang Tidak Baik untuk Tubuh

Efek Samping Mie Instan Campur Nasi

1. Memicu Diabetes

Mengonsumsu mie nstan dicampur nasi juga bisa memberikan 750 kalori hanya dari karbohidrat yang tentunya tidak bik untuk tubuh. Saat mengonsumsi kedua makanan yang kaya karbohidrat, makanan tersebut akan dicerna menjadi gula dan meningkatkan hormon insulin.

Apabila kamu terlalu banyak asupan gula dari karbohidrat, hormon insulin tidak bisa mengolah semuanya. Akibatnya, hormon yang berlebihan tersebut bisa memicu diabetes.

2. Meningkatkan Risiko Obesitas

Meningkatnya risiko obesitas ini terjadi karena karbohidrat dalam jumlah tinggi yang masuk ke tubuh akan dipecah menjadi lemak. Apabila kamu tidak berusaha membakar lemak berlebih dengan berolahraga secara teratur, maka akan mengalami obesitas.

Dengan berat badan yang berlebih, sudah diketahui merupakan faktor yang berperan besar terhadap berkembangnya berbagai penyakit serius, seperti diabetes, penyakit jantung, atau obstructive sleep apnea.

3. Mengonsumsi Karbohidrat Berlebih

Makan mie instan campur nasi ini sama saja mengandung karbohidrat yang tinggi dan bisa membuat kamu merasa cepat kenyang, sehingga tidak ingin makan apa-apa lagi. Akibatnya, kebutuhan tubuhmu akan nutrisi lain jadi tidak terpenuhi. Tubuh kamu harus melengkapi, seperti protein, lemak, dan mineral. Kekurangan nutrisi tersebut bisa membuat kamu mengalami malnutrisi.

4. Mengganggu Sistem Pencernaan

Apabila mengonsumsi terlalu banyak mie instan bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Masalah ini biasanya ditandai dengan mulas dan diare. Serta sistem pencernaan kamu membutuhkan  dua hari untuk mencerna makanan instan tersebut. Maka sangat bahaya apabila mengonsumsi mi instan setiap hari terus menerus.

5. Tekanan Darah Tinggi

Efek samping makan mie instan campur nasi bisa memicu tekanan darah tinggi. Mi instan mengandung zat aditif makanan yang bernama monosodium glutamate (MSG) yang digunakan untuk meningkatkan cita rasa makanan.

Baca Juga:Bisa Mengontrol Berat Badan! Bikin Kaget Ini Dia 6 Manfaat Mie InstanTernyata Ada Banyak Khasiat Mie Instan yang Enggak Banyak Orang Tahu, Menjadi Sumber Kalori yang Tepat?

Kandungan tersebut bisa meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh. Jika kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi mi instan secara berlebihan, maka mungkin berisiko penyakit kardiovaskular bisa meningkat.

***

0 Komentar