Lezat Belum Tentu Sehat, 5 Efek Samping Mie Instan Bagi Anak yang Bisa Mengakibatkan Kanker

Mie anak
klikdokter.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Apabila mie instan terlalu sering dikonsumsi apalagi bagi anak, maka akan menimbulkan beberapa penyakit yang serius. Ada baiknya kamu untuk mengetahi beberapa efek samping mie instan bagi anak. Beberapa di antaranya obesitas, gangguan pencernaan, kerusakan organ dan kanker.

Mie instam ini menjadi salah satu makanan siap saji yang mana terbuat dari olahan tepung dan telur. Makanan ini memiliki rasa yang cenderung asin, manis dan menjadi salah satu santapan di dalam keadaan darurat. Di dalam mie instan ini mengandung beberapa jenis bumbu yang mengandung zat aditif, seperti Monosodium glutamate atau MSG. 

Jika kamu terlalu sering mengonsumsinya, MSG bisa menyebabkan kerusakan otak pada anak. Selain itu, bida memicu kerusakan pada otak, anak yang sering makan mie juga berisiko obesitas hingga kanker. Berikut ini efek samping mie instan bagi anak.

Baca Juga:Ada Indomie! Ini Dia Daftar Mie Instan Paling Populer yang Banyak PeminatnyaLebih Aman dan Non MSG! Rekomendasi Mie Instan untuk Anak Tidak Mengandung Pengawet dan Pewarna

Efek Samping Mie Instan Bagi Anak

1. Gangguan Pencernaan

Efek yang pertama ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Terlalu sering makan mie bisa menghambat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akibat kurangnya vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan. 

Untuk gejalanya ini ditandai dengan susah buang air besar, kembung, diare hingga kebocoran pada usus. Apabila sudah terjadi, anak akan berisiko mengalami kekurangan gizi, dehidrasi, anemia kurang darah dan perdarahan di saluran pencernaan.

2. Kerusakan Organ Tubuh

Adanya kandungan propylene glycol di dalam mie berisiko menghambat perkembangan organ tubuh anak yang belum terbentuk sempurna. Propylene glycol merupakan bahan kimia yang berfungsi untuk menjaga kelembapan mie di dalam kemasan.

Nantinya, bahan kimia tersebut dapat menumpuk dan mengendap di dalam hati, jantung dan ginjal anak. Lalu, anak akan berisiko mengalami kerusakan jangka panjang pada organ-organ penting tersebut.

3. Obesitas

Efek samping mie instan bagi anak ini bisa memicu meningaktkan berat badan dan obesitas. Mie memiliki nutrisi yang rendah karena bahan utamanya hanya terbuat dari terigu dan tepung. Terigu dan tepung ini memang tidak mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan anak di masa pertumbuhannya.

Sementara itu, anak membutuhkan asupan tersebut untuk menjaga daya tahan tubuh dan bisa mengoptimalkan perkembangannya. Jika terlalu banyak makan mie akan mengakibatkan obesitas.

4. Meningkatkan Risiko Kanker

Hal yang paling berbahaya ini bisa meningkatkan risiko kanker. MSG yang ada di dalam bumbu mie bersifat karsinogenik zat pemicu pertumbuhan sel kanker. Zat tersebut bisa merangsang pertumbuhan kelainan pada DNA sel normal. Sehingga, sel tumbuh secara tak terkendali.

Baca Juga:Kebiasaan Buruk Orang Indonesia Mie instan Campur Nasi, Kenali Beberapa Efek Sampingnya! Memicu ObesitasWaspada Efek yang Tidak Baik untuk Anak-anak, 5 Efek Buruk Makan Mie Instan yang Harus Dihindari

5. Menurunkan Kesehatan Organ Vital Tubuh

Efek samping lain dari mie instan bagi anak, bisa menurunkan kinerja organ tubuh, salah satunya ginjal. Apabila ginjal tidak bisa mengolah dan mengeluarkan sodium dari tubuh, maka metabolisme tubuh menjadi terganggu. Garam yang menumpuk ini bisa menyebabkan naiknya tekanan darah.

***

0 Komentar