Pembukaan Pameran Keris Dan Bursa Tosan Aji

Pembukaan Pameran Keris Dan Bursa Tosan Aji
0 Komentar

Warisan budaya seperti keris dan benda pusaka dari berbagai daerah di seluruh Indonesia memiliki ciri khas dan coraknya masing-masing. Salah satu upaya untuk melestarikannya adalah melalui pameran seperti yang sedang diadakan di halaman Keraton Kacirebonan dan berlangsung hingga hari Minggu ini. Selain melihat-lihat, pengunjung juga dapat menambahkan koleksi pribadi dari beragam benda pusaka yang sedang dipamerkan.

Sultan Kacirebonan, Pangeran Abdul Gani Natadinigrat, membuka pameran keris dan bursa tosan aji dengan tema nuansa Gaman Cirebon di halaman Keraton Kacirebonan pada Jumat siang. Acara ini menargetkan dapat menghadirkan 130 meja pamer yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, serta membawa keris hingga senjata pusaka dengan berbagai bentuk, corak, dan ciri khas dari masing-masing daerah.

Pameran yang berlangsung sejak Jumat siang dan berakhir pada hari Minggu, 3 Maret 2024, terbuka untuk umum, khususnya bagi warga Cirebon yang menggemari atau sedang mencari tahu lebih dalam tentang budaya Nusantara. Tidak hanya menampilkan koleksi keris dan senjata pusaka dari berbagai daerah di Indonesia, namun beberapa di antaranya dapat dijual-beli untuk menambah koleksi bagi para penggemar barang antik.

Baca Juga:Pedestrian Jalan Fatahillah Weru Dikuasai Pedagang Kaki LimaPetani Bergejolak Akibat Kuota Pupuk Bersubsidi Dibatasi

Ketua Pelaksana Pameran Keris, Raden Sigit Permadi, menjelaskan bahwa tujuan dari pameran kali ini adalah untuk mengenalkan kembali kepada warga Cirebon atau khalayak umum tentang warisan budaya Indonesia seperti keris dan senjata tradisional, agar dapat dijaga dan tidak sampai diklaim oleh bangsa lain.

Sultan Keraton Kacirebonan, Pangeran Abdul Gani Natadinigrat, mengingatkan bahwa kolaborasi antar instansi dan warga masyarakat diperlukan untuk dapat menjaga keberadaan budaya Nusantara, sehingga fokus dan tidak terbawa arus budaya modern.

Bagi warga Cirebon atau Anda yang sedang berkunjung ke Cirebon, tidak ada salahnya untuk menambahkan pameran keris dan bursa tosan aji di Keraton Kasepuhan sebagai destinasi liburan di akhir pekan ini. Selain dapat menambah pengetahuan tentang warisan budaya Nusantara, juga dapat menambah koleksi keris dari berbagai daerah di Indonesia.

0 Komentar