Intip Pembuatan Kecap Legendaris Majalengka – Video

Intip Pembuatan Kecap Legendaris Majalengka
0 Komentar

Ketika Anda berkeliling ke luar kota, rasanya kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh. Di Kabupaten Majalengka, ada berbagai oleh-oleh legendaris yang bisa dibawa pulang ke kota asal, salah satunya adalah Kecap Maja Menjangan. Kecap ini sudah berusia puluhan tahun dan masih diproduksi secara tradisional.

Saat mengunjungi Majalengka, luangkan waktu untuk membeli salah satu oleh-oleh legendaris asli kota angin ini, Kecap Maja Menjangan. Kecap ini telah ada sejak tahun 1940 dan hingga kini masih mempertahankan cara pembuatannya yang tradisional, mengandalkan tangan para pegawainya tanpa menggunakan mesin.

Berdasarkan pantauan di pabrik legendaris yang berlokasi di Jalan Suha, kita dapat melihat proses yang masih alami mulai dari memasak di wajan besar dengan api kayu bakar hingga penyaringan dan fermentasi yang masih menggunakan wadah kayu jati.

Baca Juga:KPID Jabar: Publik Tetap Boleh Gelar Nobar, Asal Tidak DikomersilkanPolisi Bantu Berikan Makanan Tambahan – Video

Pemilik Kecap Maja Menjangan, Nana Suharna, menjelaskan bahwa produksi kecap ini dilakukan sekitar dua minggu sekali, dan dalam sekali produksi pihaknya bisa membuat hingga 1500 botol. Proses pembuatan kecap yang terkenal dengan tekstur legit ini masih sangat alami, mulai dari fermentasi kacang hitam hingga pengemasan, yang bisa memakan waktu 3 hingga 4 minggu.

Sementara itu, kecap legendaris Maja Menjangan tidak hanya dapat ditemui di Majalengka, tapi juga sudah merambah ke berbagai sentra oleh-oleh dan pasar tradisional di Jawa Barat, mulai dari wilayah Cirebon hingga Jabodetabek.

0 Komentar