Final LCC Bupati Cup I Tingkat SMP – Video

Final LCC Bupati Cup I Tingkat SMP
0 Komentar

Rangkaian kegiatan menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) berjalan dengan baik di Kuningan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kuningan kembali sukses menggelar Lomba Cerdas Bupati (LCB) Cup 1 yang bernilai kearifan lokal untuk jenjang SMP, setelah sebelumnya berhasil menggelar kegiatan serupa untuk jenjang Sekolah Dasar.

LCB dengan tema “Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar” telah melewati babak penyisihan yang berlangsung ketat dengan partisipasi puluhan peserta yang tersebar di setiap kecamatan. Puncaknya pada babak final, yang digelar hari ini di Pendopo pada Senin, 29 April 2024. Empat regu bersaing untuk memperoleh skor tertinggi sebagai syarat memenangkan piala bergilir, piala tetap, piagam, dan uang pembinaan.

Hasilnya, regu dari SMPN 2 Sindang Agung memperoleh skor 800, regu dari SMPIT Miftahul Tholibin dengan skor 400, regu dari SMPIT Almutazam 2 dengan skor 650, dan regu dari SMP Negeri 1 Kuningan memperoleh skor tertinggi 1750 dan dinobatkan sebagai juara pertama.

Baca Juga:Penggunaan IKD Di Kab. Cirebon Masih Rendah – VideoGenerasi Muda Diajak Melestarikan Budaya Daerah – Video

Skor ini ditentukan oleh dewan juri, dari kemampuan siswa dalam menjawab soal wajib, soal lemparan, dan soal rebutan. Pembukaan final LCB Cup 1 dihadiri oleh Plt. Bupati Kuningan Raden Iip Hidayat, Kepala Disdikbud Uu Kusmana beserta para pejabat dinas pendidikan, guru, dan suporter masing-masing regu. Sesi pembukaan semakin meriah melalui penampilan seni tarian dan seni vokal dari para siswa peraih juara dalam perlombaan seni.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati berharap lomba ini dapat menjadi wadah pengembangan potensi akademis bagi peserta didik. Penyelenggaraan LCB yang dimulai dari babak penyisihan bertujuan memberikan kesempatan yang sama kepada setiap sekolah. Selain itu, LCB ini juga bertujuan membangun karakter siswa, meningkatkan daya cipta, dan jiwa sportivitas tinggi.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Kuningan mengungkapkan bahwa babak penyisihan LCB ini sebelumnya telah digelar secara online menggunakan aplikasi dan akun belajar.id pada Sabtu lalu, dan berlanjut ke babak semifinal yang digelar secara luring di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana.

LCB ini menjadi program unggulan menyambut Hardiknas yang jatuh pada 2 Mei mendatang. Rangkaian kegiatan lainnya yang akan segera digelar antara lain Gebyar Angklung dan Jalan Sehat dengan ribuan peserta, kemudian launching kurikulum Ciremai, dan workshop pendidikan.

0 Komentar