6 Cara Mencegah Penyakit Hati atau liver,Yuk Sadari Mulai dari Sekarang !

Foto
Foto/Penyakit hati atau Liver (https://www.liputan6.com/)
0 Komentar

RadarCirebon.Tv- Penyakit Hati atau liver adalah organ yang terletak di bagian kanan atas perut dan di lindungi oleh tulang rusuk serta diafragma.

Hati memiliki fungsi penting, yakni membantu proses pembekuan darah, menetralisir racun (detoksifikasi), dan menghasilkan protein.

Apabila terjadi kerusakan, maka fungsi hati dapat terganggu dan menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Baca Juga:Menurunkan kadar kolesterol tubuh Dengan Cepat dan Mudah ! Yuk Konsumsi Daun Seledri Untuk Kesetan Kita.Keguguran Pada Perempuan Hamil di Sebabkan Oleh Infeksi Listeria sekitar 20-30 persen !

Seperti hepatitis, sirosis, penyakit kuning, perlemakan hati (fatty liver) hingga kanker hati.

Itulah mengapa Anda perlu mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan hati dengan tepat. Untuk itu, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Hati

1. Memperhatikan Asupan Makanan dan MinumanSalah satu cara menjaga kesehatan hati adalah dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman sehari-hari.

Beberapa rekomendasi makanan dan minuman untuk kesehatan hati adalah susu rendah lemak, buah-buahan, dan sayur-mayur.

Selain jenis makanan dan minuman, Anda juga di sarankan untuk memperhatikan jumlah atau takaran nutrisi yang di konsumsi agar hati mampu mengatur lalu lintas metabolisme dengan baik.

2. Olahraga dengan TeraturRutin berolahraga adalah salah satu cara menjaga kesehatan hati yang efektif. Gerakan-gerakan dalam olahraga dapat membantu pembakaran lemak trigliserida.

Di mana kadar trigliserida yang terlalu tinggi dapat menyebabkan perlemakan hati.

Baca Juga:Cuci dengan Besrih Mulai Dari Sekarang ! Gejala dan Sumber Penularan Bakteri Listeria monocytogenesPenyakit listeriosis Yang Di Sebabkan Oleh Jamur Ekoni,Yuk Simak Cara membersihkan Jamur Enoki !

Perlemakan hati atau fatty liver dapat mengganggu fungsi kerja hati sehingga meningkatkan risiko munculnya kondisi serius, seperti diabetes, hipertensi, penyakit ginjal, dan penyakit hati seperti sirosis hati.

3. Membatasi Konsumsi AlkoholCara menjaga kesehatan hati berikutnya adalah mengurangi konsumsi alkohol.

Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak pada hati yang kemudian menyebabkan fatty liver.

 Jika kondisi ini tidak di tangani, fatty liver dapat menjadi sirosis hati atau pengerutan hati.

 Apabila di biarkan dalam jangka panjang, jaringan parut pada sirosis hati berisiko berkembang menjadi kanker hati.

4. Menghindari Paparan Zat BeracunSalah satu fungsi hati adalah detoksifikasi zat-zat beracun. Namun asupan zat beracun dalam akumulasi yang besar berisiko merusak sel hati.

Paparan zat beracun ini dapat masuk melalui organ pencernaan bersamaan dengan makanan yang di konsumsi.

Sehingga, Anda perlu memperhatikan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Zat-zat beracun dari obat nyamuk, pengharum ruangan, dan insektisida juga bisa secara tidak sengaja terhirup dan masuk ke dalam tubuh.

Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan masker saat melakukan aktivitas tertentu dan membuka jendela rumah guna memaksimalkan sirkulasi udara.

5. Melakukan Hubungan Seks dengan Aman Cara menjaga kesehatan hati selanjutnya adalah dengan melakukan hubungan seksual yang aman. Mengapa begitu? Penyakit hati seperti hepatitis B dan beberapa kasus hepatitis C dapat menular melalui hubungan seksual.

Risiko akan semakin tinggi apabila Anda maupun pasangan belum melakukan vaksinasi dan melakukannya tanpa pengaman.

6. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh Air bermanfaat untuk membantu menghilangkan racun dan melancarkan proses penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga dapat mengurangi efek samping dari obat-obatan.

Kebutuhan cairan tubuh sekitar 2 liter per hari dapat membantu kinerja hati. Namun, pengidap sirosis hati wajib memperhatikan takaran asupan air setiap harinya.

Pengidap sirosis di sarankan untuk mengurangi asupan air untuk menghindari penumpukan cairan dalam tubuh.

Itu dia  6 dari banyak cara  yang lainnya untuk menjaga kesehatan hati kita,agar bisa terhindar dari penyakit hati baik untuk diri sendiri ataupun keluarga.selamat mencoba.

 

 

0 Komentar