Persiapan Masa Tanam Kedua – Video

Persiapan Masa Tanam Kedua
0 Komentar

Petani di Kota Cirebon mengalami penurunan hasil panen dibandingkan sebelumnya. Hal ini dapat disebabkan oleh beragam faktor seperti hama, kekurangan pengairan, hingga terbatasnya pupuk. Memerlukan bantuan dan dukungan lebih dari pemerintah pada masa tanam berikutnya yang sudah di depan mata. Sinergi antara petani dan pemerintah sangat dibutuhkan untuk meningkatkan hasil panen dari lahan pertanian di Kota Cirebon yang semakin terbatas dan juga kian ditekan pemukiman penduduk.

Panen di beberapa lahan pertanian di Kota Cirebon sudah berlangsung dari Lebaran kemarin hingga Kamis siang, dan sebagian petani sudah mulai kembali mengolah sawah untuk persiapan tanam selanjutnya. Meski hasil panen untuk sebagian areal sawah di Kota Cirebon sempat mengalami penurunan dibanding sebelumnya, serta harga gabah basah yang biasa dijual sempat merosot, petani masih berharap mendapatkan hasil panen yang lebih baik ke depannya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi turunnya hasil panen di Kota Cirebon, di antaranya gangguan hama burung yang masif dikarenakan waktu tanam yang berbeda, beberapa areal sawah yang masih jauh dari jangkauan sumber air, hingga ketersediaan pupuk subsidi yang terbatas untuk sekali masa tanam. Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan juga akan melakukan pemantauan secara berkala untuk mendukung petani mencapai hasil panen lebih maksimal.

Baca Juga:Hasil Panen Raya Masa Tanam Pertama Melimpah – VideoJalan Rusak Karena Aspal Ambrol Di Desa Kertasari – Video

Kepala DKPPP Kota Cirebon, Elmi, menjelaskan, berkaca dari hasil musim tanam sebelumnya, di mana petani merasakan penurunan hasil panen akibat dari kekurangan pasokan air hingga gangguan hama, pihaknya akan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk melakukan penyuluhan yang lebih masif untuk memantau kegiatan penanaman hingga panen nanti. Kemudian menyiapkan bantuan pompa air untuk mengairi lahan yang jauh dari sumber air, serta memantau ketersediaan pupuk bersubsidi yang kuotanya sudah ditingkatkan dari tahun sebelumnya.

Selain untuk musim tanam yang sudah dekat, DKPPP juga mempersiapkan dalam waktu dekat pemantauan kesiapan hewan kurban yang ada di Kota Cirebon. Pada H-7 hingga H+3 Idul Adha, petugas DKPPP akan semakin masif melakukan pemantauan kepada penjual ataupun peternak, dan akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan untuk kurban.

0 Komentar