Agar Kinerjanya Optimal: Inilah Komponen yang Disarankan untuk PC Gaming Bernilai Rp5 Jutaan pada 2024

Foto
Foto/komponen untuk rakit PC Gaming (rogcommunity.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Untuk membangun PC gaming yang mampu menjalankan game AAA dengan lancar, biasanya dibutuhkan biaya belasan atau bahkan puluhan juta rupiah. Untuk pemain non-profesional yang hanya ingin memainkan game favoritnya untuk mengisi waktu luang, biaya tersebut jelas cukup mahal.

Namun, sekarang kita dapat merakit PC gaming yang kuat dengan budget hanya Rp5 jutaan saja. Meski harganya terjangkau, PC dengan spesifikasi yang tepat dapat memberikan kinerja yang tinggi jika kamu memilih komponen yang tepat. Berikut adalah komponen yang kami rekomendasikan untuk rakit PC gaming 2024 dengan budget Rp5 jutaan!

1. AMD Ryzen 5 5600G untuk prosesor

CPU AMD Ryzen 5 5600G adalah pilihan yang baik untuk PC gaming murah karena seri CPU “G” ini dilengkapi dengan grafis Radeon Vega 7, yang memiliki kinerja yang stabil tanpa perlu memasang VGA tambahan. Hal ini pasti dapat membantu menghemat uang dengan membangun PC gaming murah.

Baca Juga:Suhu Terlalu Tinggi: Inilah 5 Faktor yang Menyebabkan HP Mengisi Baterai Lambat dan Cara MengatasinyaLayar Lebih Besar Membuat Bermain PUBG Lebih Mudah: Inilah 5 Pilihan Tablet Menengah untuk Main PUBG Mobile

CPU AMD Ryzen 5 5600G tersedia dengan harga Rp2 jutaan baik di toko komputer maupun online, dengan 6 Cores dan 12 Threads dan clock boost hingga 4.4GHz.

2. Motherboard bisa gunakan ASRock A520M-HVS

Jika kamu pengguna prosesor AMD dengan budget, ASRock A520M-HVS adalah motherboard terbaik. Dilengkapi dengan satu slot SSD m.2 MVMe dan dua slot RAM DDR4, Mobo ini hanya mendukung PCIe Gen3.

Sesuai namanya, ASRock A520M-HVS adalah motherboad dengan cipshet AMD A520 yang meskipun tidak mendukung overclocking CPU, tetapi mendukung overclocking RAM. Harganya hanya Rp900 ribuan.

3. RAM pilih T-CREATE CLASSIC DDR4 3200MHz (2x8GB)

RAM adalah bagian penting dari komputer. Menggunakan RAM dengan konfigurasi dual-channel dan kapasitas yang besar pasti akan meningkatkan kinerja komputer kita saat bermain game.

RAM Teamgroup T-CREATE CLASSIC berkapasitas 8GB DDR4 dengan kecepatan maksimal 3200MHz, dan harga dua kepingnya hanya Rp600 ribuan. Ini adalah pilihan yang bagus untuk PC dengan harga terjangkau.

4. SSD Team MP33 512GB NVME punya kemampuan baca dan tulis data lebih ngebut

SSD memiliki banyak keuntungan dibandingkan HDD saat ini, seperti kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat. Ini dapat meningkatkan kinerja PC gaming secara signifikan.

SSD NVMe PCIe Gen3 Teamgroup ini memiliki kapasitas 512GB, yang dapat menampung banyak game favorit kamu. SSD Team MP33 tersedia seharga 600 ribu di marketplace.

Baca Juga:Membuat Perbedaan Besar: Mari Cari Tahu Apa yang membedakan Meizu 21, Meizu 21 Pro dan Meizu 21 Note?Membuat Lawan Tertekan Sepanjang Permainan: Inilah 5 Hero Fighter dengan Skill CC Paling Berbahaya di MLBB!

5. PCCOOLER R400 ARGB bisa dijadikan pilihan utama CPU Cooler

Saat bermain game, frame drop dapat terjadi karena panas CPU menurunkan kinerja PC. CPU cooler mendinginkan dan menjaga suhu CPU konstan.

Karena harganya yang hanya Rp200 ribuan, PCCOOLER R400 ARGB ini banyak digunakan untuk membangun PC dengan budget rendah. Ada dua pilihan warna, hitam dan putih, dan ada lampu RGB yang akan menambah semangat gaming ke PC kamu.

6. PCCOOLER KF550 80 Plus White untuk performa PSU secara maksimal

Dengan sertifikat 80 Plus White, PSU PCCOOLER ini memiliki efisiensi daya yang tinggi, yang berarti kamu dapat menghemat tagihan listrik di rumah kamu. Akibatnya, kipas PSU berukuran 12 cm ini tidak akan bergetar jika kamu menggunakan PC selama berjam-jam.

PSU ini memiliki daya output sebesar 550W, yang cukup untuk menyalurkan daya pada komponen PC berharga rendah. Harga PCCOOLER KF550 Plus White adalah Rp500 ribu di toko online.

7. DEEPCOOL XFAN bantu jaga sirkulasi udara dengan baik

Kipas pendingin casing, juga dikenal sebagai fan casing, adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari casing komputer saat ini. Fungsinya adalah menjaga sirkulasi udara dan menghilangkan udara panas dari dalam casing.

Harga satu buah fan casing mulai dari Rp30 ribuan. Gunakan dua kipas di depan untuk menarik udara segar dari luar dan satu kipas di belakang untuk membuang udara panas dari dalam.

8. VenomRX Daemon Continental S5 punya visual apik untuk casing PC-mu

Terakhir, jika kamu membutuhkan casing untuk menyimpan berbagai komponen PC, casing VenomRX Daemon Continental S5 adalah pilihan yang tepat. Casing ini memiliki desain yang menarik dan harganya hanya Rp400 ribuan.

Panel casing memiliki tombol daya dan port I/O, serta 2xUSB 2.0 dan 1xUSB 3.0, serta jack mikrofon dan headset. Casing ini mendukung motherboard jenis ITX dan Micro-ATX. Untuk menjaga suhu komputer yang ideal, kamu dapat memasang hingga tujuh casing fan.

Merogoh kocek Rp5 jutaan terbilang murah untuk PC gaming kelas atas. Rekomendasi komponen untuk rakit PC gaming Rp5 jutaan di 2024 bisa menjadi referensi jika kamu ingin merakit PC sendiri. Jika kamu tidak ingin repot-repot merakitnya sendiri, kamu bisa menyiapkan lebih banyak uang dan meminta toko tempat kamu membeli komponen untuk merangkainya untuk kamu.

0 Komentar