Harga Cabai Merah Melonjak, Akibat Dipengaruh Cuaca Buruk

Kenaikan harga cabai merah juga dipengaruhi keterlambatan distribusi

Faktor cuaca ekstrim seperti curah hujan yang cukup tinggi beberapa pekan terakhir berdampak pada pengaruh harga sejumlah kebutuhan pokok, salah satunya cabai merah yang mengalami lonjakan harga.

Selain karena kualitas cabai yang buruk akibat diguyur hujan, kenaikan harga cabai merah dipengaruhi keterlambatan distribusi dari beberapa daerah suplayer ke pasar induk Jagasatru Cirebon, apalagi saat banjir hingga pasca banjir.

Saat ini harga jual cabai merah di pasar tradisional Sumber kabupaten Cirebon mencapai empat puluh ribu rupiah, padahal normalnya harga cabai hanya kisaran lima belas ribu hingga dua puluh lima ribu rupiah perkilogram.

Sejumlah pedagangpun mengeluhkan karena banyak konsumen yang rewel karena harga eceran mahal sehingga untuk persediaan hanya lima kilogram perhari.

Sementara kebutuhan lainnya yang masih mahal adalah bawang merah saat ini harganya mencapai dua puluh ribu lebih dengan kualitas rendah, cabai rawit serta sayur kol yang biasanya hanya dua ribu rupiah menjadi lima ribu rupiah perkilogramnya. (Husen)

Anda mungkin juga berminat