Percantik Kampung Warteg Dengan Lukisan Tiga Dimensi Dan Mural

Beginilah aktivitas para pemuda desa Sidakaton kecamatan Dukuhturi kabupaten Tegal. Mereka bersama – sama memperindah kampungnya dengan membuat lukisan tiga dimensi di jalan masuk desa maupun di tembok tembok rumah warga. Meski tidak memiliki bakat dalam seni lukis, namun mereka berhasil membuat kampungnya menjadi indah dan cantik.

Para pemuda yang mayoritas adalah pekerja di warung tegal warga di beberapa kota di Indonesia, awalnya hanya sekedar coba coba membuat satu lukisan di jalan gang kampungnya, namun karena mendapatkan respon yang positif dari warga mereka pun akhirnya berinisiatif memperbanyak lukisan di jalan maupun tembok tembok rumah warga.

Untuk memperindah kampungnya, para pemuda yang tinggal di perantauan ini sengaja mengumpulkan uang dengan cara patungan, meski tidak banyak uang terkumpul namun jalan masuk gang desa sepanjang seratus meter sudah terhiasi sejumlah lukisan tiga dimensi.

Mereka berharap kegiatan tersebut bisa menjadi contoh desa desa lain dan memberikan semangat agar warga bersama sama saling menjaga lingkungan apalagi desa Sidakton merupakan salah satu desa di tegal yang dikenal dengan sebutan kampung warteg karena mayoritas penduduknya memiliki warteg diperantauan. (Tri)