sekawanan monyet ekor panjang liar ini masuk ke pemukiman warga desa Cibereum kecamatan Cilimus kabupaten Kuningan. Ribuan monyet yang masuk ke pemukiman warga jelas meresahkan warga sekitar yang berdekatan dengan kawasan hutan lindung taman nasional gunung Ciremai atau TNGC.

Di duga populasi monyet ekor panjang yang terus bertambah banyak menyebabkan persedian makanan untuk monyet di hutan terus menipis, akibatnya kawanan monyet ini keluar hutan untuk mencari makanan ke pemukiman penduduk.

Selain mencari makanan, kawanan monyet ini kerap merusak atap rumah warga, warga yang resah hanya bisa mengusir monyet yang berkeliaran di depan rumah dengan alat seadanya, masuknya ribuan monyet ke pemukiman penduduk sudah berlangsung lama dan belum ada penanganan oleh pihak terkait.

Keresahan masyarakat desa itu bukan tanpa sebab pasalnya beberapa waktu lalu kehadiran monyet ini sempat melukai warga, warga meminta pemerintah untuk mencari solusi untuk menangani ribuan monyet yang turun dari hutan ini. (Wahyu)