Tangani Masalah Sampah, Desa Kamarang Kembangkan Insinerator Ramah Lingkungan

Sampah menjadi salah satu persoalan besar jika tidak terkelola dengan baik, bahkan bisa mencemari lingkungan. Sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut, desa Kamarang kecamatan Greged kabupaten Cirebon kini mulai mengembangkan insinerator yang ramah lingkungan.

Alat insinerator ini berfungsi untuk memusnahkan sampah yang sudah tidak memiliki nilai ekonomis, baik sampah organik maupun non organik. Asap pembakaran sampah di dalam alat ini juga di integrasikan dengan saluran lubang angin dan dipasang pipa paralon yang dapat menghasilkan kompos cair.

Sementara sisa pembakaran dari sampah organik memiliki saluran yang berbeda yang bisa dimanfaatkan sebagai kompos kering. Diharapkan sistem insinerator ramah lingkungan ini bisa diterapkan di desa-desa lainnya di kecamatan Greged.

Untuk saat ini, karena belum ada saluran listrik ke lokasi insinerator, proses integrasi pembakaran sampah masih belum bisa menghasilkan kompos cair sehingga dalam waktu dekat diharapkan pengelolaan sampah bisa berjalan dengan baik.

Anda mungkin juga berminat