4 Wisata Religi Jogja Bersejarah

masjid gede kauman
masjid gedhe kauman salah satu lokasi yang bisa kalian kunjungi saat ke Jogja
0 Komentar

masjid gedhe kauman salah satu lokasi yang bisa kalian kunjungi saat ke Jogja
4 Wisata Religi Jogja Bersejarah

RADARCIREBON.TV – Berlibur tidak hanya mengacu pada Wisata Alam dan Kuliner saja, Wisata Religi juga merupakan salah satu yang bisa sebagai tujuan liburan kalian. Selain  mendapat ketenangan secara fisik, berwisata religi juga menyehatkan bagi ketenangan jiwa dan raga.

Diantara banyaknya tempat Wisata Religi di Indonesia, berikut RADARCIREBON.TV merekomendasikan Tempat Wisata Religi Jogja.

  1. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman merupakan masjid utama dari kerajaan yang berada di Yogyakarta, yaitu Kesultanan Yogyakarta. Berdasarkan informasi yang berasal dari web duniamasjid.islamic-center.or.id Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta di bangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada 29 Mei 1773. Masjid tersebut merupakan simbol harmonisasi sisi kebudayaan khas Kerajaan Yogyakarta yang sarat perjalanan sejarah dengan religiusitas masyarakatnya. Selain sebagai sarana beribadah bagi keluarga raja dan rakyatnya, masjid Gedhe Kauman ini terkenal sebagai Masjid Raya Daerah Istimewa Yogyakarta yang di bangun sebagai kelengkapan Kerajaan Islam Ngayogyakarta Hadiningrat.

Baca Juga:Yuk Jelajahi Wisata Religi Banten, Sudah Pernah Kesini?Wisata Religi Indonesia, 4 Rekomendasi yang Harus Kalian Kunjungi, Salah Satunya Ada di Cirebon

  1. Klenteng Gondomanan

Kelenteng Fuk Ling Miau atau masyarakat lebih mengenalnya sebagai Kelenteng Gondomanan d ibangun pada tahun 1846 oleh masyarakat China di Jogja. Kelenteng ini di bangun di atas tanah milik De Chinese Bevolhing. Mengutip dari Wikipedia, Kelenteng ini berada di bawah naungan Majelis Buddhayana Indonesia dengan nama Vihara Buddha Prabha Gondomanan. Bangunan Fuk Ling Miau menjadi cagar budaya pada tanggal 26 Maret 2007 di bawah Surat Perintah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. PM.25/PW.007/MKP/2007.

  1. Goa Maria Tritis

Gua Maria Tritis merupakan salah satu gua alami yang berada di deretan perbukitan karst Gunungkidul dan dijadikan sebagai tempat peziarahan bagi umat Katholik. Penamaan Tritis karena selalu ada air yang menetes (tumaritis) dari stalaktit yang berasal dari langit-langit gua. Awalnya gua ini tak banyak orang yang memasukinya karena, merupakan tempat yang sepi dan angker sehingga. Oleh karena itu, gua ini sering sebagai tempat pertapaan dan menjadi tempat persinggahan beberapa pangeran dari Kerajaan Mataram. Gua ini mulai di kenal oleh umat Katholik pada tahun 1974, yaitu pada saat di gunakan sebagai tempat Ekaristi Natal. Kemudian, di beri nama tambahan ‘Maria’ dan mulai saat itulah menjadi tempat favorit bagi para peziarah.

  1. Kampung Nitikan Jogja

Destinasi Wisata Religi Yogyakarta berikutnya yaitu Kampung Nitikan, Umbulharjo. Bukan hanya wisata kuliner saja yang ada di Kampung Nitikan ini, namun sangat cocok sebagai tempat wisata religi karena terdapat beberapa makam tokoh ternama. Seperti KH Ahmad Dahlan, KH Ibrahim, dan juga Raden Ronggo yang merupakan putra dari pendiri Kerajaan Mataram.

Itulah tempat-tempat Wisata Religi yang dapat kalian kujungi jika ada di Jogja.***

0 Komentar