WOW! Bandar Udara Internasional Kertajati Terbesar Ke-2 di Indonesia? Cek Faktanya

WOW! Bandar Udara Internasional Kertajati Terbesar Ke-2 di Indonesia? Cek Faktanya
0 Komentar

Bandar Udara Internasional Kertajati

RADARCIREBON.TV- Bandar Udara Internasional Kertajati adalah Bandar udara yang terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

Ternyata, bandara ini merupakan bandara terbesar ke dua se-Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta.

Bandara Udara Internasional Kertajati ini mulai diresmikan operasinya pada tanggal 24 Mei 2018 lalu, yang di tandai dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia mendarat sebagai yang pertama di bandara ini.

Baca Juga:PLN Akan Lakukan Pemadaman Listrik Sementara di Wilayah Cirebon, Cek InformasinyaIni dia 3 Hotel Murah di Sumedang yang Worth It Buat Kamu

Sementara itu, Bandar Udara Internasional Kertajati ini memiliki landasan pacu tunggal sepanjang 3.000 meter dan dapat menampung pesawat berbadan lebar seperti boeing 777.

Lalu apa saja fakta-fakta yang terdapat pada bandara Kertajati ini?

Mari kita ulas selengkapnya di bawah ini:

1. Desain Pesawat dengan Kearifan Lokal

Yang akan kita bahas pertama kali adalah mengenai desain bandara ini yang sangat mengacu pada kearifan local.

Bandara ini memiliki desain yang mengacu pada bentuk burung merak sebagai icon Jawab Barat, yang di aplikasikan pada bentuk atap bangunan terminal utamanya.

2. Kepemilikan Bandara Kertajati

Pemerintah Provinsi Jawa Barat lah yang masih menjadi pemegang saham terbesar dari PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (PT BJIB).

Pada tahun 2019, komposisi kepemilikan saham BJIB Kertajati terdiri dari Pemprov Jabar 91,44 persen, PT Jasa Sarana 0,75 persen dan PT Angkasa Pura II sebesar 6,01 persen.

3. Peningkatan Fungsi Bandara

Selanjutnya yang akan kita bahas yaitu fungsi dari bandara ini sendri adalah sebagai pusat logistic, tempat pemeliharaan pesawat hingga sebagai lokasi embarkasi dan debarkasi haji umrah.

Walaupun kapasitas bandara ini sekitar 29 juta penumpang per-tahun, namun nyatanya bandara ini masih tergolong sepi penumpang.

Baca Juga:Yuk Cek! 5 Hotel di Sumedang yang Recommended Buat KamuCekidot! Ini dia Cara Membuat Tahu Sumedang yang Simple tapi Enak

4. Kapasitas Apron

Perlu di ketahui, kapasitas apron Bandara yang semula hanya mampu menampung 10 pesawat, kini dapat menampung 22 pesawat yang terdiri dari 4 parking wide body dan 16 parking narrow body.

Hal tersebut terjadi karena pada masapembangunan, area parker pesawat atau apron sempat di lakukan perluasan.

Itulah fakta-fakta menarik dari Bandar Udara Internasional Kertajati yang sudah di rangkum dalam artikel ini. Semoga bisa bermanfaat buat kamu yah.

0 Komentar