Kien Kih Daftar Wisata Religi Cirebon

Foto: Google/ wisata religi Cirebon
Foto: Google/ wisata religi Cirebon
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Cirebon di sebut sebagai kota wali, cirebon memang banyak di temukan petilasan para penyebar agama islam. Berikut tempat wisata religi di cirebon yang populer.

Petilasan Sunan Kalijaga

Wisata religi hits pertama yaitu Petilasan Sunan Kalijaga. Situs Petilasan cukup mudah di akses karena berada di tengah pemukiman penduduk dan hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Cirebon.

Di dalam kompleks Petilasan terdapat bangunan Petilasan, air mancur kuno, masjid, makam dan hutan lindung yang menjadi rumah bagi puluhan kera.  

Baca Juga:Apa Saja Yang Dekat Stasiun Pemalang?Wisata di Pemalang Terbaru, Cek Sekarang!

Petilasan yang juga dikenal sebagai Situs Taman Kera ini terletak di Jalan Pramuka, Desa Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Keramat Talun

Tempat wisata religi ini terletak di Desa Cirebon Girang, Kecamatan Talun, Cirebon. Tempat itu di anggap sebagai tempat berdirinya Cirebon dan catatan sejarah penyebaran Islam di Cirebon.

Mbah Kuwu Sangkan konon sebagai penyebar agama Islam di tanah Cirebon. Selain itu, Mbah Kuwu Sangkan di anggap sebagai raja pertama Cirebon. Dia adalah pewaris mahkota Prabu Siliwangi. Kemudian dia datang dan menaklukkan Cirebon

Mesjid Bata Merah Panjunan

Masjid Merah Panjunan adalah masjid multikultur Arab-Tionghoa di Kota Cirebon, Jawa Barat. Masjid tersebut di pugar dan di ganti namanya sesuai dengan nama jalan dimana masjid tersebut di bangun yaitu. Jalan Panjunan. Masjid Merah Panjunan masuk situs cagar budaya. 

Masjid tertua di Cirebon ini lokasinya ada di sudut jalan di Kampung Panjunan, sebuah desa dengan banyak pengrajin gerabah atau Jun. 

Mesjid Agung Sang Cipta Rasa

Wisata religi di Cirebon lainnya yaitu Masjid Agung Cirebon. Masjid ini adalah sebuah masjid di kompleks Keraton Kasepuhan di Kota Cirebon, Jawa Barat. Lokasi masjid tersebut berada di bagian barat Alun-alun Kota Cirebon.

Masjid ini merupakan masjid tertua di Cirebon yang di bangun sekitar tahun 1480 Masehi. atau ketika Wali Songo menyebarkan Islam ke Jawa. Nama masjid ini berasal dari kata “sang” yang berarti keagungan, “cipta” yang berarti membangun dan “rasa”.

0 Komentar