8 Makanan Khas Jepara yang wajib kamu coba

8 Makanan Khas Jepara yang wajib kamu coba
makanan khas jepara (instagram mommymamo)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Mencoba makanan khas atau kuliner dari suatu daerah jadi hal yang wajib untuk di lakukan ketika berkunjung ke daerah tersebut, termasuk saat berkunjung ke Jepara.

Selain menyimpan banyak tempat wisata seperti Pantai Kartini, Taman Nasional Karimunjawa, Hutan Wisata, Pulau Panjang, dan berbagai tempat wisata lainnya; Jepara juga menyimpan banyak wisata kuliner di dalamnya.

Ada apa saja ya di Jepara?

Berikut 8 daftar makanan khas Jepara yang wajib kamu coba :

1. Lontong Krubyuk

Sesuai dengan namanya, makanan khas Jepara ini berbahan dasar lontong dan di sajikan dengan suwiran ayam semur yang di siram dengan menggunakan kuah kaldu bakso; serta di lengkapi juga dengan campuran tauge matang dan irisan seledri.

Baca Juga:Nginep di Jepara Cuma 100 Ribuan di 4 Homestay IniMau Kuliah Perhotelan? Simak 6 Daftar Kampus yang Bisa Kamu Pilih

2. Horok-Horok

Jajanan khas yang katanya sudah langka ini, terbuat dari tepung pohon aren, dengan penampakan berwarna putih serta teksturnya kenyal.

Selain itu, memiliki rasa sedikit asin karena terdapat campuran santan, juga gula pasir di dalamnya.

3. Bongko Mento

Di lihat dari penampakannya, makanan khas Jepara ini sekilas mirip dengan pepes karena di bungkus dengan menggunakan daun pisang. Namun isiannya terdiri dari telur dadar yang di balut dengan suwiran ayam beserta bihun/sohun, jamur tiram, dan juga santan.

4. Bontosan

Makanan khas ini terbuat dari olahan ikan kerapu ataupun ikan tenggiri yang di olah dengan cara di kukus maupun di goreng. Bentuknya pun lonjong serta di bungkus menggunakan daun pisang.

5. Rondho Royal

Merupakan cemilan dari tape singkong yang di lumatkan kemudian di beri adonan tepung beras, lalu di goreng hingga kering. Cocok untuk di jadikan teman ngemil sambil bersantai.

Salah satu makanan khas dari Kabupaten Jepara yang di sajikan dengan menggunakan bahan seperti papaya muda juga daging tetelan.

Tak lupa di beri tambahan bahan lainnya seperti daun salam, daun jeruk, batang serai, gula pasir, garam, air asam, santan, serta bumbu halus lainnya.

Baca Juga:Nih, 6 Oleh-Oleh Khas Wonosobo Buat yang Bingung Mau Beli ApaMampir Wonosobo, Jangan Lupa ke 4 Toko Oleh-Oleh Ini

7. Tempong

Tempong atau blenyik adalah makanan khas Jepara berupa ikan teri kecil yang di olah dengan cara di kukus ataupun di goreng yang di campur dengan berbagai bumbu untuk memberi rasa nikmat.

8. Pindang Serani

Buat yang senang makanan berkuah, mungkin akan cocok dengan makanan yang satu ini.

Berbahan dasar ikan laut dengan perpaduan belimbing wuluh, daun kemangi, daun bawang, serta tomat; yang akan menghasilkan rasa asam pada makanan ini. ***

0 Komentar