Bedug Gede Di Paseban Wetan 

0 Komentar

Bedug biasanya terdapat di masjid atau musala yang digunakan sebagai tanda masuk waktu salat. Namun ada bedug berukuran besar, dengan diameter sekitar 1,5 meter, ada di paseban wetan Keraton Kacirebonan.

Inilah bedug gede yang memiliki ukuran yang cukup besar, pada umumnya, bedug bisa di jumpai di masjid atau mushola tempat ibadah. Dan digunakan atau dibunyikan saat memasuki waktu sholat fardhu lima waktu sebelum kumandang adzan.

Namun bedug gede yang memiliki ukuran diameter kurang lebih sekitar 1,5 meter ini, disimpan di pendopo atau paseban wetan, Keraton Kacirebonan. Awalnya bedug ini dihadirkan untuk keperluan pagelaran seni rampak bedug sanggar sini sekar pandan dari tokoh budaya Iman Taufik.

Baca Juga:Area Kawasan Sungai Dipenuhi SampahHonda Blade 110 versi 2023 Yang Murah !!

Sementara ini keberadaan bedug yang terbuat dari kulit kerbau, dan kayunya berbahan kayu jati. Di tutup sebagian kain putih, dan hanya digunakan di waktu tertentu, seperti saat menjelang ramadan dan agenda tradisi yang diperlukan.

Meski jarang digunakan secara rutin, namun bedug gede ini kondisinya masih terjaga dan terawat dengan baik. Dan pada peresmian Masjid Al Jabar Bandung dipinjam di bawa ke Bandung untuk dibunyikan serentak.

0 Komentar