Makanan Khas Wonogiri yang Belum Anda Tahu

Gatot
By Aris Munandar/detikjateng
0 Komentar

RADAR CIREBON.TV – Keberadaan makanan khas Wonogiri jadul semakin sulit di temukan di pasaran saat ini dan hanya tersedia di tempat dan waktu tertentu.

Salah satu tempat yang masih menjual jajanan lawas Wonogiri adalah Pasar Dhoplang di Desa Pandan Kecamatan Slogohimo Kecamatan Wonogiri.

Di sana, para pedagang jadul saat ini sedang mengikuti event kuliner Jajan Durian dan Jadul di Alun-alun Wonogiri selama tiga hari, 24-26 Januari.

Baca Juga:Nokia Lumia 710 Jadi Favorit Anak Muda, Trendy dan KerenNokia Lumia 1520, Design Trendy, Warna Menarik Incaran Kaum Muda

Makanan khas wonogiri yang saat ini sulit di temukan di pasar atau toko kelontong.

Hidangan langka antara lain kicak (bahan tiwul), sambal cabuk, bongko, dan lain-lain.

Sega Bancakan atau Broko juga susah di cari karena budaya undangannya jarang. Sega Bancakan juga memiliki makanan langka seperti Bongko.

Hidangan tua makanan khas Wonogiri sebagian besar terdiri dari singkong. Rasanya tidak terlalu asin dan tidak terlalu manis.

Berikut Daftar Makanan Khas Wonogiri

1.GatotGatot adalah jajanan kuno yang terbuat dari singkong.

Singkong di kupas dan di keringkan kemudian di rendam selama lima hari.

Makanan berwarna coklat dan hitam ini terbuat dari singkong berkualitas tinggi untuk membuat rasa gatot lebih tahan lama dan lezat.

Hidangan ini biasanya di sajikan dengan parutan kelapa.

Baca Juga:Villa Guci yang Ada Kolam Renang, Murah, Nyaman dan Hubungi SegeraVilla Bantul Murah, Nyaman, Dekat Pantai

2. Kicak Kicak adalah makanan yang terbuat dari singkong. Namun kicak singkong memiliki tekstur yang lebih lembut berbeda dengan Gatot.

Rasa kicak ini manis. Hidangan berwarna cokelat ini biasanya di sajikan dengan daun pisang.

3. GrontolGrontol adalah makanan kuno yang terbuat dari jagung. Penyajian masakan ini di awali dengan jagung yang di kupas lalu di rendam. Jagung kemudian di kukus.

Hidangan ini biasanya di sajikan dengan parutan kelapa. Rasa dasar masakan ini adalah asin. Namun, bisa di olah sesuai selera, misalnya manis 

0 Komentar