Mencari Rejeki Sebagai Buruh Pembersih Rongsokan

0 Komentar

Banyak warga di Desa Panguragan Wetan Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon, berprofesi sebagai buruh pembersih rongsokan. Profesi itu digeluti, mengingat banyak tumpukan sampah di setiap rumah-rumah warga.

Ungkapan bahwa sampahmu adalah rejeki bagi orang lain ternyata benar, karena banyak warga di Desa Panguragan Wetan Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon, mendapatkan rezeki dari sampah dengan berprofesi sebagai buruh rongsokan.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya tumpukan limbah kaca yang sudah dibungkus di depan rumah-rumah warga. Menurut pengakuan warga, rongsokan itu diambil dari banyak tempat, bukan hanya dari kecamatan panguragan saja.

Baca Juga:Akses Jalan Rusak Tak Kunjung DiperbaikiPria Pelaku Pelecehan Dan Kekerasan Penari Sintren Ditangkap

Upah yang diberikan bagi warga jika bisa membersihkan satu karung botol kaca adalah 5 ribu rupiah. Jika bisa membersihkan 10 karung, maka warga akan mendapatkan 50 ribu rupiah. Biasanya dalam satu rumah ada beberapa orang yang bertugas membersihkan botol kaca, agar pengerjaan menjadi lebih cepat.

Upah yang diberikan memang relatif kecil, akan tetapi cukup untuk menambah penghasilan keluarga. Selain limbah botol kaca, banyak juga warga yang berprofesi sebagai pengumpul rongsokan plastik dan lain lain, sebagai sumber penghasilan utama keluarga.

0 Komentar