Longsor Tebing Cimanis Desa Beringin Terparah

0 Komentar

Peristiwa longsor yang terjadi di jalan usaha tani Desa Beringin sudah kelima kalinya dan kali ini yang terparah. Pihak desa berharap penanganan tidak hanya sebatas darurat saja, melainkan harus permanen.

Tebing sungai cimanis kembali mengalami longsor di sisi kanan dan kiri lokasi sebelumnya, dan longsor tersebut sudah beberapa kali terjadi dan peristiwa yang ke lima ini menjadi peristiwa yang paling parah. Sekdes Beringin, Supriyadi menyampaikan longsoran kali ini pun memutuskan saluran irigasi yang sebelumnya sempat dilakukan perbaikan darurat.

Bahkan, peristiwa kali ini, hampir memutus jalan penghubung Desa Karangmekar Kecamatan Karangsambung dengan Desa Beringin, Kecamatan Pangenan. Jalan penghubung tersebut merupakan akses yang vital bagi masyarakat sebagai penunjang pertanian maupun beraktivitas.

Baca Juga:Imbas Tergerusnya Saluran Irigasi Sungai CimanisTidak Ada TPS Di Desa Kepunduan

Tentunya kondisi ini bisa menyebabkan petani gagal panen karena tidak mendapatkan suplai air bagi lahan persawahannya. Dirinya berharap pihak balai besar wilayah sungai (BBWS) Cimanuk- Cisanggarung tidak hanya melakukan penanganan darurat saja, melainkan harus ada tindakan permanen agar peristiwa longsoran tidak kembali terjadi.

Saat ini, penanganan prioritas saat ini untuk menyelamatkan saluran air karena masyarakat petani sangat membutuhkan air menjelang masa panen.

0 Komentar