Imbas Tergerusnya Saluran Irigasi Sungai Cimanis

0 Komentar

Satuan Kerja Operasional dan Pemeliharaan (Satker OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, melakukan perencanaan penanganan saluran irigasi yang tergerus sungai cimanis, di Desa Beringin Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kekeringan lantaran terputusnya saluran irigasi itu.

Sejumlah petugas dari Satuan Kerja Operasional dan Pemeliharaan (Satker OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, mendatangi lokasi longsoran tebing di jalan usaha tani Desa Beringin Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, Selasa siang. Sambil menunggu perbaikan permanen, petugas berusaha melakukan penanganan sambungan saluran irigasi yang terputus.

Hal itu dilakukannya untuk menghindari kekeringan puluhan hektar lahan pertanian akibat putusnya aliran irigasi ini. Petugas teknis Satker OP BBWS Cimancis, Yose Rinaldi mengatakan, ini dilakukan dalam menindaklanjuti instruksi dari Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung, terkait penanganan tebing sungai cimanis yang kembali mengalami longsor susulan.

Baca Juga:Tidak Ada TPS Di Desa KepunduanGor Desa Kepunduan Terbengkalai

Pengukuran ini sebagai rencana dalam penanganan lokasi kritis tebing sungai cimanis di Desa Beringin yang mengalami longsor. Terkait aspek penanganannya dan pemeliharaan di tahun ini bisa dilaksanakan, adapun prioritas pengerjaannya agar saluran dapat difungsikan untuk bisa mengaliri lahan persawahan.

Sementara, rencana penanganan darurat yaitu akan disiapkan saluran tertutup pipa menepi di tanggul irigasi ini sehingga air bisa mengalir dari hulu ke hilir.

0 Komentar