5 Manfaat Kunyit Asam Untuk Kesehatan

5 Manfaat Kunyit Asam Untuk Kesehatan
manfaat jamu kunyit/foto:https://hellosehat.com/
0 Komentar

RADARCIREBON.TV Jamu kunyit asam sering kali di minum ketika seseorang nyeri haid. Selain itu, ada juga manfaat kunyit asam lain bagi kesehatan.

Jamu kunyit asam di kenal sebagai minuman yang memiliki sejumlah khasiat baik untuk tubuh. Sesuai namanya, produk herbal ini mengandung bahan utama kunyit dan asam jawa. 

Sering kali, jamu ini di konsumsi ketika seseorang merasa nyeri haid. Namun tak hanya itu, ada manfaat ekstrak kunyit asam lain yang bisa kamu peroleh ketika meminumnya. Yuk, cari tahu segudang manfaat jamu kunyit asam di sini. 

Baca Juga:Daftar Mobil Matic Bekas dibawah 70 juta yang Bisa Jadi Pilihan Anda..Rekomendasi Kasih Kado Mobil Mainan Anak di jamin Anak Happy..

Berbagai manfaat kunyit asam untuk kesehatan

1. Meredakan nyeri haid

Manfaat jamu kunyit asam sudah di percaya sejak lama untuk kurangi nyeri haid.

Kini kunyit asam bahkan sudah banyak di produksi dalam bentuk serbuk atau minuman kemasan sehingga Anda tidak perlu repot-repot meraciknya sendiri.

Mengutip studi terbitan Biomedical and Pharmacology Journal (2020), kandungan kurkumin pada kunyit bekerja dengan cara mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan.

Asam jawa juga mampu menekan peradangan pemicu rasa sakit, menghambat prostaglandin, serta mengendalikan senyawa otak yang mengatur rasa sakit.

Manfaat ini di dapat dari senyawa tanaman atau fitonutrien yang terkandung, seperti alkaloid, falvonoid, tanin, fenol, dan saponin.

2. Sebagai antioksidan

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa manfaat kunyit dan asam jawa sama-sama bermanfaat sebagai antioksidan.

Senyawa kurkumin pada kunyit di ketahui memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Sementara itu, berbagai kandungan fitonutrien pada asam jawa juga bersifat antioksidan yang baik untuk tubuh.

Baca Juga:WOW! Kini HP Nokia C99 gsmarena Mampu Bersaing dengan iPhone dengan Kualitas TerpercayaGawat! 3 Mobil Mungil Suzuki Pas Banget Untuk Healing Guyss

Kandungan antioksidan pada minuman kunyit asam mempunyai aktivitas yang lebih besar di bandingkan dengan antioksidan sintetis.

Antioksidan baik untuk mengurangi peradangan tubuh dan kerusakan sel. Cara kerjanya adalah dengan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

3. Menurunkan berat badan

Secara terpisah, baik kunyit maupun asam jawa sama-sama berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Khasiat ini tentu semakin maksimal dengan menggabungkan dua bahan alami tersebut.

Kurkumin serta berbagai senyawa fitonutiren pada asam jawa bersifat antioksidan dan antiradang.

Jadi, keduanya berfungsi untuk menekan respons peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan otot.

Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin serta menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Alhasil, berat badan Anda cenderung lebih stabil dan menurunkan risiko obesitas.

Selain itu, tubuh Anda menjadi lebih fokus saat menurunkan berat badan karena minimnya reaksi peradangan pada tubuh setelah minum kunyit asam.

Jadi, tidak heran jika banyak jamu menggunakan kunyit dan asam jawa untuk diet

Apabila ingin mengonsumsi minuman untuk diet, kunyit asam pun cocok untuk Anda.

4. Mengendalikan gula darah

Bila Anda mengidap penyakit diabetes, cobalah untuk rutin mengonsumsi jamu kunyit asam. Kunyit telah lama di ketahui dapat menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes.

Efek ini di duga akibat kemampuan antiinflamasi yang di miliki kunyit dan asam jawa. Bila peradangan berkurang, tubuh dapat merespons hormon insulin dengan baik.

Selain itu, manfaat kunyit asam ini berasal dari sifat antioksidan. Pasalnya, antioksidan ini membantu memerangi radikal bebas yang bisa merusak sel pankreas.

Jadi, pankreas pun bisa menghasilkan insulin dengan optimal dan gula darah pun tetap terkendali.

5. Mengurangi kembung

Jika Anda terlalu banyak menelan angin atau minum soda, gas akan menumpuk di dalam perut dan menyebabkan kembung.

Manfaat kunyit asam ternyata bisa mengurangi keluhan saluran pencernaan ini. Sudah sejak lama jamu kunyit asam di percaya sebagai carminative mengatasi kembung.

Dalam hal ini, kedua bahan-bahan pada jamu tersebut membantu mencegah pembentukan gas di dalam perut.

Selain itu, jamu kunyit asam membantu mengeluarkan gas yang menumpuk di dalam perut.

Jamu ini bisa mempercepat proses pengosongan lambung dan mencegah iritasi ringan lapisan di dalam saluran pencernaan.

Hal ini membuat saluran pencernaan bergerak lebih aktif dalam memproses isi perut sehingga gas bisa keluar dengan mudah.

Jika Anda ingin mengurangi gas di perut, jamu kunyit asam cocok sebagai minuman untuk kembung.

0 Komentar