290 Juleha Di Brebes Diberi Bekal Pelatihan

0 Komentar

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes, telah menyiapkan 290 orang juru sebelih halal atau juleha, yang akan ditugaskan di desa masing masing masing agar cara penyembelihan hewan kurban sesuai dengan syariat Islam.

Menjelang perayaan hari raya kurban atau Idul Adha, DPKH Kabupaten Brebes melaksanakan apel juru sembelih halal (juleha) yang dilaksanakan di Rumah Potong Hewan di Desa Jatibarang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes. Apel juleha dipimpin langsung oleh Pj Bupati Brebes, Urip Sihabudin, yang hadir dalam pelatihan pembekalan terhadap juru sembelih tersebut.

Kepala DPKH Kabupaten Brebes, Ismu Subroto, mengatakan, di wilayah kerjanya ada sekitar 290 juleha yang sudah menjalani bintek dan memiliki sertifikat sebagai juleha yang handal. Dari 290 orang juleha ini diharapkan bisa tersebar ke tiap-tiap desa se-Kabupaten Brebes, walaupun belum merata namun di tiap kecamatan sudah ada juleha yang akan membantu dan memberikan sosialisasi tukang jagal hewan di masjid-masjid.

Baca Juga:Polres Kuningan Ringkus Pelaku PencabulanPengendara Mobil Sok Jagoan Ditangkap Polisi

Sedangkan tujuan diadakan pelatihan dan bintek juleha, karena petugas DPKH yang berada dilapangan sering menemui kekeliruan tukang jagal hewan kurban yang salah dalam penanganan hewan kurban. Seperti, hewan kurban yang telah disebelih namun belum mati sudah ditusuk jantungnya dan dikuliti.

Ismu berharap dengan adanya para juleha ini, maka daging kurban yang akan dibagikan pada warga dalam kondisi aman, sehat dan halal.

Menurut data DPKH Brebes, untuk Idul Adha tahun ini sekitar 3000 ekor sapi dan sekitar 34 ribu ekor kabing dan domba yang akan dikurbankan.

0 Komentar