Kenapa Set Top Box Tidak Ada Sinyal? Yuk Cari Tahu! 5 Penyebab Ini, Pasti Salah Satunya Lagi Kamu Alami

Kenapa Set Top Box Tidak Ada Sinyal? Yuk Cari Tahu! 5 Penyebab Ini, Pasti Salah Satunya Lagi Kamu Alami
kenapa set top box tidak ada sinyal/thefreetvproject.org
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Di era peralihan teknologi siaran TV Analog ke Digital, tak sedikit orang mungkin menghadapi kendala dalam hal tersebut. Terutama dalam pengoperasian STB, apalagi bagi yang sering kesulitan dan bertanya, kenapa Set Top Box tidak ada sinyal? Berikut ini kami rangkum, apa saja sebabnya.

Menghadapi kendala di atas tentunya bisa membuat pengalaman menonton menjadi kurang menyenangkan. Untuk itu, penting sekali bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah tersebut agar dapat kembali menikmati tayangan televisi favorit dengan lancar. Berikut ini, beberapa penyebab kenapa Set Top Box tidak ada sinyal. Simak hingga akhir!

Kenapa Set Top Box Tidak Ada Sinyal?

1. Memastikan Lewat Daerahmu

Penyebab pertama adalah, kamu tidak tahu apakah daerahmu sudah dapat menjangkau semua sinyal digital. Untuk memudahkanmu mengetahui, pasanglah aplikasi TV Digital pada Play Store. Aplikasi tersebut akan membantumu memastikan, apakah daerahmu sudah tercakup sinyal atau belum.

Baca Juga:WHOOSH! 3 City Car Brand Toyota Incaran Para Sosialita – Mobil Dengan Eksterior Paling Leluasa?!!Kilas Balik Usai 3 Tahun, Mobil Mini Murah Indonesia 2020 Kini Harganya Jatuh Jauh Dari Semula!

2. Gunakan Antena Luar

Supaya TV Digital dapat dengan maksimal menangkap sinyal, kamu di sarankan untuk menggunakan antena luar ruangan (outdoor). Selain itu, hal ini sangat berpengaruh, bagi yang tinggal di daerah yang belum mendapat sinyal secara menyeluruh.

3. Periksa Sambungan Kabel

Selain penyebab di atas, masalah pemeriksaan kabel HDMI atau RCA menjadi penting. Ada beberapa kasus di mana STB dapat menangkap sinyal TV digital saat menggunakan kabel RCA, tetapi ketika di ganti dengan kabel HDMI, STB tidak menampilkan sinyal, dan sebaliknya.

4. Periksa Antena

Jika Set Top Box masih belum mendapatkan sinyal, kamu bisa coba periksa kondisi antena yang di gunakan, baik kabelnya maupun jack antena yang mungkin telah berkarat. Antena luar yang telah di gunakan dalam waktu yang lama cenderung mengalami penurunan kualitas.

5. Update atau Nyalakan Ulang

Selanjutnya, jika belum ada sinyal juga kamu dapat mencoba untuk melakukan restart pada perangkat tersebut. Terkadang, masalah ini dapat di sebabkan oleh malfungsi perangkat lunak (software) STB. Namun, perlu di ingat bahwa mengatur ulang set top box ke pengaturan pabrik akan mengembalikan semua pengaturan set top box ke kondisi awal.

Itulah alasan berikut cara kenapa Set Top Box tidak ada sinyal. Perlu kamu ingat, sebelum melakukan langkah terakhir, pastikan sebelumnya telah mencoba semua cara di atasnya. Sama-sama!

0 Komentar