Apakah Set Top Box Perlu Antena? – Sini Aku Kasih Tahu !

Apakah Set Top Box Perlu Antena? - Sini Aku Kasih Tahu !
Sumber: unsplash.com/Marques Kaspbrak
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bagi kalian yang mempunyai smart tv atau android tv maka harus mempunyai set top box. Masih suka bingung? apakah set top box perlu antena? Marik kita simak jawabannya.

Untuk menonton televisi harus menggunakan adaptor televisi digital, karena penggunaan televisi di Indonesia semakin berbeda dengan televisi analog yang dulu di gunakan. Namun, per 2 November 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah tidak bisa lagi menggunakan atau mematikan transmisi analog, sehingga masyarakat harus beralih ke TV digital.

Tak perlu khawatir, bagi Anda yang memiliki TV analog tetap dapat menonton tayangan TV digital hanya dengan menambah dan memasang set top box (STB) ke TV analog Anda. 

Baca Juga:5 Tips Solo Camping Untuk Pemula – Dijamin LancarLagi Hits Nih ! HP Infinix Note 10 – Yuk Cek Harga dan Spesifikasinya

Apakah Set Top Box Perlu Antena?

Fungsi digital set-top box (STB) adalah mengubah sinyal digital yang di terima dari antena menjadi sinyal analog untuk di pancarkan atau di tampilkan pada televisi analog.

Selanjutnya bagi kamu yang ingin menonton siaran televisi digital harus memastikan bahwa lokasinya berada dalam area sentuh mati analog (ASO). 

Kemudian, Siaran TV digital dapat di nikmati dengan dua cara: dengan TV digital yang dilengkapi dengan receiver DVB-T2 atau dengan TV analog yang di lengkapi dengan set-top box (STB).

Untuk menonton siaran TV digital, Anda memerlukan antena meskipun Anda memasang set-top box (STB) karena antena menerima sinyal.

Masyarakat dapat menggunakan antena standar rumah atau antena UHF dan set top box (STB) untuk menonton siaran televisi digital. 

Cara Memasang Set Top Box TV Digital

  1. Siapkan tuner dan TV analog. Pastikan perangkat STB bertipe DVB-T2 yang mendukung koneksi antena TV analog.
  2. Sambungkan kabel antena ke STB.
  3. Nyalakan TV dan STB menggunakan remote control.
  4. Pilih mode AV di TV analog. Buka Pengaturan atau Preferensi.
  5. Pilih menu HDMI. Jika tidak, pilih menu AV.
  6. Pilih menu pencarian saluran lalu pilih pencarian otomatis untuk mendeteksi siaran TV digital.
  7. Setelah selesai, pilih menu Simpan. Anda sudah bisa menonton program TV digital. 

Jadi untuk pertanyaan Apakah Set Top Box Perlu Antena? Tetap perlu antena yah guys….

0 Komentar