Simak ! Tips Cegah Membeli Mobil Second Rusak Biar Gak Nyesel

Simak ! Tips Cegah Membeli Mobil Second Rusak Biar Gak Nyesel
Sumber: doktermobil.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Membeli mobil bekas sebenarnya bisa menjadi alternatif menarik untuk membeli mobil idaman dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, risiko membeli mobil bekas yang rusak atau bermasalah tidak bisa diabaikan begitu saja. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tips yang dapat membantu Anda menghindari membeli mobil second rusak atau bermasalah. 

Lakukan Riset Sebelum Membeli

Untuk menghindari membeli mobil bekas rusak, lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui model yang ingin dibeli. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kendaraan yang ingin dibeli, seperti spesifikasi kendaraan, harga pasaran, dan cari tahu apakah kendaraan tersebut sering mengalami masalah teknis. Dengan melakukan riset, Anda dapat mencari informasi di Internet, membaca ulasan pengguna tentang mobil, atau bertanya kepada mekanik atau teman yang berpengalaman di bidang otomotif. 

Periksa Cat dan Bodi Mobil

Periksa secara menyeluruh bagian luar mobil, termasuk cat dan bodywork, untuk menghindari membeli mobil tua yang rusak. Hal ini penting karena kondisi cat dan bodywork bisa menjadi indikator apakah sebuah kendaraan pernah mengalami kecelakaan. Jangan lupa untuk memeriksa bagian-bagian mobil yang sulit dilihat seperti bagian bawah bodi mobil, fender atau bagian belakang mobil. Perhatikan juga tanda-tanda penyok atau kerusakan pada bodywork dan pastikan warna cat kendaraan sama pada semua bagian kendaraan.

Baca Juga:5 Rekomendasi HP Murah Skor Antutu Tinggi Mulai 1 Jutaan SajaBelum Menerima Bantuan Set Top Box Gratis? – Jangan Galau ! Begini Cara Mengajukannya

Pastikan juga tidak ada tanda-tanda korosi atau karat pada bagian-bagian yang menandakan kendaraan bekas rusak. Karena korosi dapat menyebabkan kelemahan struktural pada mobil yang pada akhirnya dapat mempengaruhi keamanan dan kestabilan mobil saat berkendara. Jika ada bagian logam yang berkarat, sebaiknya jangan membeli mobil tersebut karena biaya perbaikannya akan lebih tinggi. 

Periksa Mesin

Periksa mesin kendaraan secara menyeluruh dan pastikan tidak ada kebocoran oli atau cairan lain. Kebocoran bisa menjadi tanda bahwa mesin mobil Anda tidak di rawat dengan baik. Periksa juga kondisi sabuk atau rantai, filter udara, filter oli, serta kondisi aki dan kelistrikan kendaraan.

Periksa juga komponen penting lainnya seperti sistem kelistrikan, sistem pendingin mesin, sistem rem dan sistem suspensi. Pastikan semua komponen tersebut dalam kondisi baik dan tidak ada masalah. Jangan lupa untuk mencoba menyalakan AC, karena bisa menjadi masalah yang sulit untuk diperbaiki. Jika ada masalah dengan salah satu suku cadang ini, sebaiknya segera di perbaiki atau tidak membeli kendaraan karena perbaikan bisa sangat mahal dan memakan waktu. 

Nah, itu dia beberapa Tips Cegah Membeli Mobil Second Rusak.

0 Komentar