Apakah Bisa Set Top Box Indihome Untuk TV Digital?- Simak Penjelasannya!

Apakah Bisa Set Top Box Indihome Untuk TV Digital?- Simak Penjelasannya!
Sumber: Telkom
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – STB adalah perangkat dengan komponen khusus untuk memproses sinyal televisi dari suatu sumber sehingga dapat di siarkan. Namun berbeda dengan televisi, biasanya tidak di lengkapi dengan monitor, melainkan dengan port multimedia khusus seperti HDMI atau RCA. Ada sebuah pertanyaan apakah bisa Set Top Box Indihome Untuk TV Digital?.

Unit ini dapat di gunakan untuk memperluas kemampuan TV LCD, monitor, atau proyektor lama. Selama ketiganya mendukung port media yang disediakan STB, tayangan TV hasil olahan bisa di tayangkan. 

Apakah STB IndiHome Bisa Untuk Menangkap Siaran TV Digital?

Jawaban singkat untuk pertanyaan ini adalah Tidak. Meski sama-sama set-top box digital, combo box yang disediakan IndiHome memiliki jenis yang berbeda dengan yang dibutuhkan untuk menerima sinyal televisi digital terestrial.

Baca Juga:Apa Penyebab Siaran TV Digital Tidak Ada Sinyal? – Begini Solusinya!Kamera Unik Bisa Turun Naik – Inilah Oppo Reno 10x Zoom – Intip Harganya Yuk!

Di Indonesia, siaran digital menggunakan standar Second Generation Digital Terrestrial Video Broadcasting (DVB-T2). Sehingga diperlukan perangkat STB yang mendukung teknologi ini jika ingin mengubah TV analog menjadi digital.

Sedangkan hybrid box IndiHome merupakan set-top box digital dengan teknologi DVB-IPTV (Digital Video Broadcasting Internet Protocol Television). Sederhananya, kita selalu membutuhkan koneksi internet untuk menikmati saluran TV. 

Kalaupun unlock, hybrid box IndiHome tidak mendukung siaran TV digital Indonesia. Kecuali seseorang ingin menambahkan stik TV DVB-T2 khusus, ini sebenarnya dapat menimbulkan biaya lebih tinggi daripada membeli set-top box.

Secara pribadi, saya tidak merekomendasikan membeli box hybrid IndiHome untuk mengkonversi TV analog ke digital. Alih-alih perangkat ini, kita dapat memilih dekoder DVB-T2 khusus yang direkomendasikan oleh Kominfo. Selain itu, Anda bisa mendapatkannya secara gratis jika memenuhi syarat yang di berlakukan oleh pemerintah.

Jika tetap ingin menggunakan hybrid box IndiHome, Anda juga harus berlangganan internet dengan layanan Telkom Indonesia. Intinya adalah mereka memiliki layanan TV interaktif dengan saluran yang cukup lengkap. 

Nah, jadi gitu gengs… STB Indihome saat ini hanya bisa untuk TV analog yah,,, namun tidak menutup kemungkinan untuk kedepannya STB Indihome bisa untuk tv digital juga.

Oke itulah info terkait set top box indihome untuk tv digital.

0 Komentar