Gimana Sih Cara Mencari Saluran TV Digital Tanpa Set Top Box? Mudah Loh, Ini Caranya!

Gimana Sih Cara Mencari Saluran TV Digital Tanpa Set Top Box? Mudah Loh, Ini Caranya!
cara mencari saluran tv digital tanpa set top box (Credit: sony)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Sudah tahu belum, jika cara mencari saluran TV digital bisa di lakukan tanpa menggunakan Set Top Box (STB)?

Seiring berkembangnya informasi pasca siaran analog di hentikan, STB masih menjadi salah satu topik yang cukup sering di bahas. Pasalnya, penggunaan STB memang begitu di butuhkan karena dapat membantu untuk menyiarkan siaran digital.

Pemerintah bersama Kominfo juga turut membantu masyarakat dalam pengadaan alat tersebut. Caranya yaitu dengan membagikannya secara gratis untuk masyarakat golongan tertentu dan terdaftar dalam DTKS Kemensos.

Baca Juga:Istrimu Ngajak Bulan Madu Lagi? Ajakin Aja ke Cabinite Pangalengan dengan Tipe Kamar Lima Cabin, Tempatnya Sejuk Pemandangannya BagusBiar Lama, Tapi Mobil Terbaik Tahun 2019 Menjadi Pilihan yang Laris di Pasaran! Inilah Daftar Mobilnya Berikut Harganya

Namun bagi yang tidak bisa mendapatkannya secara gratis, bisa membelinya di toko yang menyediakan STB. Harganya pun beragam, paling murah bisa di dapatkan dengan angka mulai dari Rp100 ribuan. Dengan menggunakan STB, maka televisi lama masih di di pakai, walaupun bentuknya TV tabung sekalipun.

Sebelum memutuskan untuk membeli STB, maka pastikan dahulu jika televisi di rumah tidak mendukung siaran digital. Jika sudah mendukung, maka tidak perlu lagi menggunakan STB.

Cara Mencari Saluran TV Digital Tanpa Menggunakan Set Top Box

Walaupun Kominfo telah menghimbau untuk menggunakan Set Top Box atau STB, namun hal tersebut tidak berlaku lagi jika televisi di rumah telah mendukung siaran digital. Adapun caranya agar bisa menangkan siaran digital meskipun tanpa menggunakan STB. Inilah rangkaian caranya.

1. Pastikan jika televisi sudah mendukung siaran digital dengan cara cek fitur HDTV pada badan TV atau melalui situs Kominfo. Pastikan juga jika siaran TV digital sudah masuk ke wilayah tempat kita berada.

2. Seperti TV analog, TV digital juga membutuhkan antena. Antena yang di gunakan juga bisa berupa antena UHF biasa yang di taruh di dalam maupun luar. Lalu, letakkan antena sesuai dengan posisi yang mampu menangkap sinyal dengan baik.

3. Hubungkan kabel antena dengan televisi lalu nyalakan televisi dan masuk ke menu Pengaturan.

4. Setelah masuk ke menu Pengaturan, langkah selanjutnya yaitu pilih DTV untuk siaran digital. Pilihan DTV bisa di temukan di samping ATV.

Baca Juga:Mobil Kecil Murah Irit, Siapa yang Mau? Ini Daftar Harga Mobil Ayla Terbaru, Silahkan Pilih Mau yang Mana!Gak Perlu Repot Pakai STB, Tinggal Nonton Aja! Tapi Berapa Sih Harga TV Digital? Sini Lihat Daftar Harganya

5. Kemudian pilih Auto Scan untuk mencari channel TV digital dan tunggu prosesnya hingga selesai.

6. Apabila proses sudah selesai, maka channel akan akan tersimpan secara otomatis.

Demikian, itulah cara mencari saluran TV digital bisa di lakukan tanpa menggunakan Set Top Box (STB).

0 Komentar