Potret Kemiskinan Rumah Tak Layak Huni Tanpa MCK

0 Komentar

Masyarakat di Desa Mundu Pesisir Kabupaten Cirebon masih hidup dibawah garis kemiskinan. Rumah tidak layak huni tanpa MCK, masih lumrah ditemui di Desa Mundu Pesisir.

Rumah tidak layak huni milik Ranti, warga Desa Mundu Pesisir Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon ini menjadi salah satu potret kemiskinan yang masih lumrah dijumpai. Kondisi rumah berdinding bambu, dan beralaskan tanah ini menjadi hunian bagi ranti dan empat orang cucunya.

Ranti sudah puluhan tahun menempati rumah ini bersama anak menantu dan cucu, dengan total ada tiga kepala keluarga. Kondisi ranti dan keluarganya yang menghuni rumah tidak layak ini semakin memprihatinkan karena tidak ada fasilitas MCK. 

Baca Juga:Kemarau Tiba, Desa Mundu Pesisir Krisis Air Bersih Betonisasi Ruas Weru Sarabau Terus Dikebut

Pemerintah Desa Mundu Pesisir sudah mengupayakan usulan kepada instansi dan pemerintah daerah, namun sampai saat ini belum ada respon dan realisasi dengan alasan kendala kepemilikan lahan.

Sementara, ranti dan keluarga hidup memprihatinkan di rumah yang kondisinya rawan ambruk, terlebih selain tidak ada MCK, rumah Ranti juga sering bocor ketika musim penghujan. Bahkan, untuk keperluan BAB Ranti dan keluarganya harus pergi ke tepi pantai karena tidak adanya MCK.

Kuwu Desa Mundu Pesisir mendesak pemerintah daerah dan instansi terkait, untuk membantu masyarakatnya agar bisa memiliki rumah yang lebih layak. Karena, dengan kondisi rumah seperti ini juga memiliki pengaruh besar pada pola hidup bersih yang berpotensi mengganggu kesehatan masyarakat

0 Komentar