Tradisi Pajang Jimat Desa Megu Gede

0 Komentar

Pemerintah Desa Megu Gede melaksanakan tradisi pajang jimat, dengan mencuci seluruh pusaka peninggalan leluhur. Pajang jimat jadi tradisi yang akan terus dilestarikan untuk mengajak masyarakat mengenali sejarah desa.

Pemerintah Desa Megu Gede Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, melaksanakan tradisi pajang jimat dengan mencuci dan membersihkan pusaka peninggalan leluhur. Pajang jimat ini menjadi tradisi dan adat, yang mulai dilestarikan kembali oleh Pemerintah Desa Megu Gede setelah sekian lama tak dilaksanakan.

Pajang jimat ini juga disambut antusias oleh masyarakat, pasalnya masyarakat bisa langsung melihat pusaka peninggalan leluhur yang berusia ratusan tahun sesuai dengan tahun berdirinya Desa Megu Gede pada 1905 masehi.

Baca Juga:Warga Protes Perbaikan Jalan Terkesan Ditinggal Kontraktor TPA Kopiluhur Kota Cirebon Kembali Terbakar

Menurut Kuwu Desa Megu Gede, pencucian pusaka peninggalan leluhur ini sangat sakral dan memiliki makna mendalam tentang sejarah desa. Melalui kegiatan pajang jimat, kuwu berharap masyarakat bisa memahami dan mengetahui sejarah desa dan turut melestarikan pusaka desa.

Sementara, pusaka peninggalan leluhur desa megu gede ini nantinya akan diarak menuju desa dan disimpan dengan baik. Dalam kegiatan pajang jimat, masyarakat setempat juga menggunakan air cucian untuk mencuci muka yang dipercaya bisa membawa berkah

0 Komentar