Sorban Merah Putih dan Harapan Kiai Muhammad Balerante untuk Ganjar

kyai muhammad bertemu gnjar
Ganjar Pranowo kunjungi Ponpes Al Jauhariyah Balerante Cirebon
0 Komentar

CIREBON – Kiai Muhammad Faqih Jauhar nampak tersenyum semringah saat melihat kedatangan Ganjar Pranowo di Ponpes Al Jauhariyah Balerante Cirebon, Minggu (8/10/2023). Bersama para kiai sepuh lainnya, Kiai Muhammad langsung menyambut Ganjar dan mengalungkan serban berwarna merah putih.

“Selamat datang di Balerante pak Ganjar. Semoga pak Ganjar sehat selalu,” ucap Kyai Muhammad menyambut Ganjar sambil memakaikan sorban merah putih.

Ganjar pun diajak masuk ke kediaman Kiai Muhammad untuk berbincang-bincang. Bersama para kiai sepuh Balerante lainnya, Ganjar berdiskusi tentang merawat persatuan dan kesatuan serta pembangunan keagamaan khususnya agama Islam di Indonesia.

Baca Juga:Bertemu Cucu Syekh Abdul Qadir Jailani, Ganjar Didoakan dan Dapat Amalan KhususMoment Keakraban Ganjar dan Mahfud di Pernikahan Keluarga Kyai Said Aqil Siradj

Dalam kesempatan itu, Ganjar bercerita banyak hal tentang bagaimana ia menghidupkan sisi keagamaan saat menjabat Gubernur Jawa Tengah. Ia dekat dengan para ulama, membuat program yang bermanfaat untuk umat, misalnya pendidikan, optimalisasi Baznas, menggelar Jateng Bersholawat dan memberikan insentif untuk guru keagamaan.

“Ya meskipun sedikit, namun itu bentuk perhatian kita pada mereka yang berjuang menghidupkan agama. Sambil kami titipkan untuk mengajarkan budi pekerti pada anak-anak kita,” jelas Ganjar.

Apa yang disampaikan Ganjar itu membuat Kiai Muhammad dan kiai sepuh lainnya tersenyum. Mereka berharap Ganjar tetap melanjutkan program baik itu kelak saat memimpin Indonesia.

“Alhamdulillah Pak Ganjar memberikan banyak pencerahan. Soal pesantren agar bisa hidup dan berkembang dan menjadi pesantren yang bermartabat. Beliau sangat merespon baik soal itu,” kata Kyai Muhammad.

Termasuk lanjut dia terkait program baik yang telah Ganjar lakukan selama 10 tahun memimpin Jawa Tengah. Bagaimana ia mengembangkan Baznas, memberikan bantuan infrastruktur lembaga keagamaan, memberikan insentif guru keagamaan dan lainnya.

“Alhamdulillah yang kami harapkan memang seperti itu. Mudah-mudahan nanti jika Allah meridai, ketika Pak Ganjar jadi presiden beliau bisa meneruskan itu. Dan kami juga berharap undang-undang pesantren bisa terlaksana ke depannya,” pungkasnya.

Disambut Antusias Santri dan Masyarakat

Kedatangan Ganjar ke Ponpes Al Jauhariyah Balerante disambut antusias oleh ratusan santri dan masyarakat. Mereka berjajar di pinggir jalan untuk menyambut Ganjar.

Baca Juga:Menikmati Lembut Dan Manisnya GelatoKemarau Panjang, Air PDAM Tidak Mengalir

Alunan musik rebana mengiringi langkah Ganjar menuju kediaman Kiai Muhammad Faqih Jauhar. Santri dan masyarakat saling berebut untuk bersalaman dan berfoto bersama.

“Seneng banget ketemu Pak Ganjar, orangnya ganteng ya, tinggi lagi. Pokoknya cocok jadi pemimpin masa depan,” ucap para santri dan masyarakat.

Ganjar sempat berdialog dengan masyarakat dan para Kuwu atau kepala desa. Ganjar berdialog dengan masyarakat dan para Kuwu membahas tentang kemajuan Indonesia ke depan.

0 Komentar