Lagi Hujan Gini Mau Camping? Simak Dulu Nih Tips Camping Saat Musim Hujan

Lagi Hujan Gini Mau Camping? Simak Dulu Nih Tips Camping Saat Musim Hujan
Tips Camping Saat Musim Hujan (Pixabay/FabricioMacedoPhotos-disway.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Camping atau berkemah merupakan kegiatan liburan yang menyenangkan dengan suasana yang berbeda. Dalam melakukan camping, kamu serasa akan lebih dekat dengan alam karena kamu akan tidur di alam bebas. Biasanya, camping akan di ikuti dengan berbagai kegiatan lainnya. Seperti mendaki gunung, berwisata alam, berenang dan lain-lain. Maka untuk mendapatkan momen tersebut, biasanya camping akan di lakukan saat cuaca sedang cerah. Lalu bagaimana jika camping saat hujan? Jika kamu ingin mencoba camping saat musim hujan, maka simak tips berikut ini.

1. Cari Lokasi dan Posisi yang Baik

Pilih lokasi dengan kawasan yang tinggi dan landai agar tidak menggenang, namun jangan cari di elevasi tertinggi karena dapat berpotensi terkena sambaran petir. Selain itu cari juga tempat yang tidak berpotensi bencana. Hindari lokasi yang dekat dengan dengan sungai, bibir pantai, atau danau atau lokasi yang lebih rendah dari sumber air.

2. Cek Cuaca

Jangan lupa untuk mengecek cuaca di tempat yang akan kamu tuju. Jika cuaca kurang bagus, maka sebaiknya di tunda terlebih dahulu.

Baca Juga:8 Minuman yang Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan, Bukan Hanya Hangat Namun Juga BerkhasiatLakukan Ini Sebelum Terjadi! 5 Cara Mencegah Banjir Saat Musim Hujan

3. Lakukan Perlindungan dari Hujan

Tips camping saat musim hujan selanjutnya yaitu gunakan tenda yang kuat. Caranya, cek tenda saat masih di rumah dengan menyemprot air. Lihat juga bagian jahitannya apakah rapi dan kuat. Lalu gunakan alat yang berguna untuk melindungi hujan seperti groundsheet dan flysheet. Groundsheet adalah alas tahan air yang diletakkan pada bagian bawah tenda sementara flysheet merupakan terpal yang di taruh di atas tenda agar melindungi tenda dari angin dan hujan.

4. Bawa Berbagai Perlengkapan Diri

Jangan lupa untuk membawa kantong plastik yang berguna untuk melindungi barang agar tetap kering. Kemudian bawa perlengkapan diri yang di butuhkan seperti sepatu tahan air dan antislip, jas hujan, pakaian berbahan ringan, pakaian hangat, kaus kaki, sarung tangan, makanan siap saji dan perlengkapan diri lainnya.

5. Periksa Kondisi Tubuh

Sangat penting untuk memperhatikan kondisi tubuh agar tidak membahayakan diri. Sebab, saat musim hujan, suhu akan cenderung rendah dan berpotensi terkena hipotermia.

0 Komentar