Lakukan Ini Sebelum Terjadi! 5 Cara Mencegah Banjir Saat Musim Hujan

Lakukan Ini Sebelum Terjadi! 5 Cara Mencegah Banjir Saat Musim Hujan
Cara Mencegah Banjir Saat Musim Hujan (-Hans-Pixabay/ radarcirebon)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Musim hujan identik dengan banjir. Pasalnya, jika debit air deras dan kondisi lingkungan yang tidak terjaga, maka dapat berpotensi terjadinya banjir. Apabila banjir terjadi, maka akan banyak kerugian yang timbul. Seperti mudah terserang penyakit, melumpuhkan kegiatan ekonomi, hingga timbulnya korban jiwa. Namun hal itu terjadi, ada beberapa cara yang dapat di lakukan untuk mencegah banjir saat musim hujan melanda. Berikut rangkaian caranya yang bisa di lakukan.

1. Lakukan Reboisasi

Reboisasi merupakan kegiatan penanaman kembali, dengan demikian area yang tandus di sekitar lingkungan, sebaiknya tanami kembali dengan berbagai tanaman. Pasalnya, akar tanaman dapat berguna untuk menyerap air hujan sehingga penyerapan air hujan akan efektif.

2. Tingkatkan Lahan untuk Penyerapan Air

Selain melakukan reboisasi yang berguna untuk penyerapan air, bisa juga dengan meningkatkan lahan. Gunakan paving pada halaman rumah yang berguna untuk menyerap air.

Baca Juga:Simak Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan Agar Tubuh Tetap Fit dan Tidak Gampang SakitMusim Hujan Gak Lagi Bosan! Kunjungi Tempat Wisata Ini Saat Musim Hujan, Nikmati Suasana Berwisata yang Aman dan Nyaman

3. Buat Saluran Air dan Rutin Membersihkan

Cara selanjutnya untuk mencegah banjir saat musim hujan yaitu dengan membuat saluran air. Dengan adanya saluran air, maka air hujan tidak akan tergenang dan bisa mengalir dengan baik. Namun perlu di perhatikan pula kebersihan dari saluran air dengan rutin membersihkannya agar tidak tersumbat.

4. Membuang Sampah pada Tempatnya

Cara yang paling sederhana yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya. Dengan membuang sampah pada tempatnya, maka kemungkinan sampah akan menyumbat saluran air akan kecil sehingga saluran air bisa mengalirkan air hujan dengan baik.

5. Membuat Sumur Resapan

Sumur resapan merupakan sebuah bangunan rekayasa teknik berupa sumur yang berguna untuk menampung air datang dari atas tanah. Jika mempunyai sumur resapan, maka air hujan dapat di serap ke dalam tanah dan tentunya tidak akan menggenang di bagian permukaan tanah.

0 Komentar