Mengapa Saat Musim Hujan Sering Lapar? Ternyata Ada Penyebab Ilmiahnya Loh

Mengapa Saat Musim Hujan Sering Lapar? Ternyata Ada Penyebab Ilmiahnya Loh
Gampang Lapar Saat Hujan (Istimewa/ Jabar Ekspres)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Saat musim hujan melanda, entah mengapa perut terasa sering lapar. Bahkan tanpa di sadari, beberapa orang mungkin akan lebih sering makan daripada biasanya.

Ketika turun hujan, suasana di sekitar akan terasa lebih sejuk. Hal inilah yang membuat suhu tubuh ikut menurun untuk beradaptasi. Merangkum dari berbagai sumber, terjadinya perubahan cuaca akan membuat suhu tubuh menurun sehingga tubuh berupaya untuk mencari ‘panas’ dari luar.

Saat tubuh mencari ‘panas’ tersebut, maka yang di butuhkan adalah makan. Setelah makan, maka akan di ubah menjadi bentuk energi dan energi itulah yang akan di gunakan tubuh untuk berbagai keperluan.

Baca Juga:Resep Batagor Kuah Khas Bandung yang Cocok Disantap Saat Musim HujanKetahui Penyebab Banyak Nyamuk di Rumah Saat Musim Hujan, Jangan Sampai Terjadi di Rumahmu!

Bukan hanya itu saja, sering lapar saat musim hujan juga karena dipengaruhi dengan kondisi yang tidak berkeringat, maka tubuh nafsu makan akan cenderung meningkat. Pasalnya, saat musim hujan, paparan sinar matahari akan berkurang.

Lalu, dengan kondisi sinar matahari yang sedikit, maka berpengaruh pada sedikitnya produksi hormon serotonin. Jika hormon serotonin menurun, maka tubuh akan mengeluarkan sinyal untuk menambah asupan karbohidrat ke dalam tubuh.

Musim Hujan Tak Bikin Gemuk

Jika ada anggapan jika musim hujan membuat gemuk, tergantung dari aktivitas yang di lakukan. Memang, cuaca yang sejuk akan membuat seseorang menjadi semakin malas untuk beraktivitas sehingga akan muncul keinginan untuk lebih banyak berdiam diri dalam rumah, menonton TV sambil makan cemilan dan lain-lain.

Ada banyak kegiatan yang dapat di lakukan walaupun hanya berdiam diri di rumah saat musim hujan. Misalnya dengan berolahraga. Dengan berolahraga, maka seseorang akan tetap produktif di rumah walaupun harus berdiam diri saat sedang hujan.

Solusi Agar Meredakan Rasa Lapar

Agar rasa sering lapar dapat terkendali saat musim hujan, maka hal yang bisa di lakukan yakni dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan serat. Hal ini bertujuan agar panas pada tubuh tetap terjaga. Lalu bisa juga mengonsumsi makanan yang memiliki kalori rendah.

0 Komentar