Nuansa Bali-Sunda Di Waduk Darma Kuningan

0 Komentar

Kabupaten Kuningan, memiliki lokasi kuliner dengan konsep unik, di pinggiran Waduk Darma. Berlokasi di Desa Sakerta Timur Kecamatan Darma Kuningan, sebuah kedai kopi dan resto bernama Saung Karuhun, menghadirkan tempat kuliner dengan suasana Bali-Sunda. Apa saja menu andalan di Saung Karuhun? Berikut informasinya.

Kabupaten Kuningan, memiliki lokasi kuliner dengan konsep unik, di pinggiran Waduk Darma. Di Desa Sakerta Timur Kecamatan Darma Kuningan, sebuah kedai kopi dan resto bernama Saung Karuhun, menghadirkan tempat kuliner dengan suasana perpaduan Bali-Sunda.

Suasana ini semakin sempurna dengan pemandangan alam dan hamparan Waduk Darma dari sisi selatan. Kenyamanan pengunuung menjadi prioritas, dimulai dari parkir gratis, masuk gratis, dan karaoke gratis, dengan cukup memesan makanan minuman atau reservasi.

Baca Juga:Polresta Cirebon Rutin Patroli KRYDRazia Jelang Nataru Dan Pemilu 2024

Saung karuhun memiliki seni bangunan ala kedai di Pulau Dewata. Terdapat kain kopleng atau kain khas Bali dengan corak hitam putih, melingkar di benda seni dari kayu, tiang saung atau gazebo, serta di batang pohon. Disini terdapat pula seni bangunan khas Sunda tempo dulu, berbentuk panggung, dan beratap jerami.

Bangunan terdiri dari aula utama, saung kedai tempat pengelola menyiapkan berbagai menu, dan sejumlah saung berukuran besar maupun kecil yang bisa dipilih pengunjung.

Kedai dan resto Saung Karuhun digagas oleh Kepala Desa Cucu Sudrajat dan berhasil membuka lapangan kerja bagi warga setempat. Pihaknya masih terus melakukan pengembangan fasilitas resto hingga saat ini.

Bicara mengenai menu, Saung Karuhun memiliki menu santapan ikan, ayam dan aneka makanan tradisional. Selain menu perorangan dengan harga terjangkau, pengelola memiliki menu andalan yang laris diminati pengunjung, yaitu paket nasi liwet. Paket dibuat untuk 5 hingga 8 orang, dengan kisaran harga 170 ribu sampai 250 ribu rupiah setiap paketnya.

Kedai ini juga menyediakan kopi lokal, kopi arabika dan robusta, hasil pertanian warga se-Kecamatan Darma. Kedai holis, buka pukul 9 pagi hingga pukul 8 malam. Kecuali hari Sabtu, kedai buka sampai pukul 10 malam

0 Komentar