Inspeksi Keselamatan Angkutan Jalan Jelang Nataru

0 Komentar

Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, melaksanakan inspeksi keselamatan angkutan jalan ramchek. Pengemudi di PO bus juga menjalani test urin.

Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, melaksanakan inspeksi keselamatan angkutan jalan ramchek ke sejumlah PO bus. Kegiatan ini menjadi agenda rutin Dinas Perhubungan menjelang pelaksanaan nataru dan persiapan Ops Lilin Lodaya 2023.

Inspeksi keselamatan angkutan jalan ini dilakukan langsung oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, bersama dengan Kepala Bidang, Satlantas, Bidokes dan unit narkoba dari unsur kepolisian. Selain memeriksa kondisi kendaraan, petugas ramchek juga memeriksa kelengkapan dokumen atau surat-surat kendaraan.

Baca Juga:Damkar Semprotkan Deterjen Dan Obat Ke Pohon JatiSyntax Corporation Gelar Parents Day 2023

Untuk memastikan sistem manajemen keselamatan dan K3 diterapkan dengan baik oleh perusahaan angkutan, Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon juga menggelar pemeriksaan kesehatan serta pelaksanaan tes urin bagi pengemudi angkutan umum. Menurut Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon Hilman Firmansyah, ada sejumlah temuan dari hasil pemeriksaan ramchek di PO Sahabat yang menjadi atensi, diantaranya pintu darurat yang seharusnya bebas hambatan namun dimanfaatkan untuk kursi penumpang.

Sementara, Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon juga mendorong agar perusahaan angkutan umum untuk memastikan kendaraannya layak jalan sebelum beroperasi. Diantaranya dengan tidak menggunakan ban vulkanisir, karena berpotensi membahayakan keselamatan penumpang maupun pengendara lain.

Ramchek yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan bersama dengan Satlantas Polresta Cirebon ini, akan intens dilakukan untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya. Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon juga memastikan pemerintah hadir melalui kerjasama dan kolaborasi untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan lalu lintas serta angkutan jalan 

0 Komentar