Jika Dibiarkan Akan Semakin Rusak! Ini Dia 3 Tips Buku Agar Tidak Menguning dan Mudah Rusak – Perhatikan Posisinya Juga

(freepik)
(freepik)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Bagi para readers yang hobi membaca buku pastinya harus mengetahui tips agar buku tidak menguning. Cara merawat buku ini penting untuk di lakukan agar buku tetap terjaga keutuhannya. Apabila buku menguning, merupakan masalah yang cukup sering terjadi di setiap buku.

Untuk merawat buku memang bisa di katakan susah-susah gampang. Terjadi kerusakan pada buku ini di karenakan kamu tidak pernah membersihkannya dan tempat penyimpanannya yang kurang sesuai. Tidak hanya itu, posisi buku saat menyimpannya juga sangat berpengaruh.

Oleh karena itu, kamu harus benar-benar memperhatikan cara merawat yang baik dan benar. Berikut ini tips agar buku tidak menguning mudah untuk di lakukan.

Baca Juga:Cobalah Liburan Bernuansa Dingin dengan 5 Destinasi Liburan Musim Dingin yang Menyuguhkan Keindahan Alam Luar BiasaSensasi Mendaki Kamu Semakin Luar Biasa dengan 5 Jalur Pendakian di Bandung – Ternyata Ada Tangkuban Perahu

Tips Buku Tidak Menguning

1. Simpan di Tempat Terbuka

Cara yang pertama ini dengan menyimpan buku di tempat yang terbuka. Hal ini karena jamur tumbuh di dalam buku adalah tempat penyimpanan yang lembab. Pastikan ruangan tempat buku tersebut di simpan memiliki udara yang tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Agar bisa mendapatkan udara yang cukup, ruangan tempat buku di simpan harus memiliki jendela atau lubang ventilasi. Usahakan juga untuk tidak meletakkan buku berdekatan dengan lantai.

2. Atur Buku dan Gunakan Kamper

Mengatur posisi buku juga sangat pentin di lakukan agar buku tidak cepat menguning dan rusak. Posisi buku lebih baik di berdirikan atau di jajarkan ke samping. Hal tersebut memungkinkan udara untuk masuk ke sela-sela buku lewat celah lembaran buku.

Apabila buku di letakkan bertumpuk, di takutkan udara tidak bisa masuk dan mempercepat kelembapan. Selain itu, gunakanlah kamper di sela-sela buku atau di pojok-pojok lemari penyimpanan buku. Tujuannya berguna untuk mengurangi bau tak sedap.

3. Bersihkan Secara Rutin

Tips agar buku tidak menguning yang selanjutnya dengan membersihkannya secara rutin. Keluarkanlah buku-buku dari lemari penyimpanan dan letakkan selama sehari di luar lemari. Kamu bisa meletakkannya di atas meja atau di ruang terbuka yang tidak lembab.

Jika buku terlalu lama di simpan dan di pajang tentunya akan berdebu. Jadi, supaya buku tidak berdebu harus di bersihkan. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan kemoceng, lap, dan lap basah untuk buku yang memiliki cover plastic.

***

0 Komentar