Dari Akses Emoji Sampai Rekam Layar: Inilah Shortcut Keyboard yang Jarang Diketahui, Padahal Berguna!

Dari Akses Emoji Sampai Rekam Layar: Inilah Shortcut Keyboard yang Jarang Diketahui, Padahal Berguna!
shortcut keyboard: glints.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Shortcuts keyboard biasanya dapat di gunakan dalam berbagai program Windows, seperti Microsoft Word, Excel, Google Chrome, dan beberapa program lainnya. Shortcuts keyboard adalah kombinasi dua atau lebih tombol di keyboard yang di gunakan untuk melakukan perintah tertentu.

Pada umumnya, shortcut keyboard di mulai dengan tombol Ctrl, Alt, Shift, Windows atau Fn, yang kemudian di kombinasikan dengan tombol lain. Menghafal beberapa shortcut keyboard dapat mempermudah kamu dalam melakukan pekerjaan. Di bawah ini ada beberapa shortcut keyboard yang jarang di ketahui oleh banyak orang, padahal sangat berguna.

1. CTRL + F

Jika kamu menghadapi kesulitan menemukan kata kunci di situs web, kamu dapat memanfaatkan shortcut yang bermanfaat ini. Untuk mempermudah pencarian kamu, tekan CTRL + F untuk menampilkan bar pencarian. Selain itu, kamu dapat menggunakan shortcut ini pada dokumen kata-kata, catatan, bahkan file PDF.

Baca Juga:Mahasiswa Wajib Tahu Ini! 5 Teknologi AI yang Harus Dikuasai oleh Mahasiswa Harganya Berkisaran di Bawah Rp3 Jutaan Saja, Lho: Rekomendasi HP Xiaomi dengan Spek Gahar Termurah Awal 2024

2. CTRL + W

Jika kamu sering membuka banyak tab sekaligus saat menggunakan Google Chrome, kamu mungkin akan menemui kesulitan karena tab-tab tersebut terlihat sangat kecil. Untungnya, kamu bisa memudahkan diri dengan menggunakan shortcut CTRL + W. Shortcut ini berguna untuk menutup tab yang sedang aktif saat menjelajahi internet.

3. CTRL + X

Mungkin tidak banyak yang tahu dengan shortcut ini, walau begitu fungsinya sangat berguna. CTRL+X merupakan sebuah shortcut yang hampir mirip dengan CTRL+C. Perbedaannya, shortcut ini akan menghapus teks yang di salin dan untuk melakukan paste pada teks yang sudah di salin kamu bisa menggunakan CTRL + V.

4. CTRL + Y

Jika kamu familier dengan penggunaan Ctrl + Z untuk melakukan undo, maka perlu di ketahui bahwa ada juga sebuah shortcut yang tidak kalah penting, yaitu Ctrl + Y. Shortcut ini berfungsi untuk membatalkan perintah undo yang biasa di sebut dengan istilah redo. Sudah pernah coba?

5. Windows + PrtScn

Terkadang, saat ingin mengambil tangkapan layar di laptop, kamu mungkin merasa bingung. Padahal, caranya cukup mudah hanya dengan menekan tombol Windows + PrtScn. Dengan menekan tombol tersebut, gambar hasil tangkapan layar akan secara otomatis tersimpan di folder Pictures.

6. Windows + Shift + S

Seperti Windows + PrtScn, kamu juga bisa menggunakan shortcut ini untuk mengambil tangkapan layar. Bedanya, dengan Windows + Shift + S, kamu dapat menyeleksi area gambar yang ingin kamu ambil, tetapi hasilnya tidak akan otomatis tersimpan. Untuk menampilkan hasil tangkapan layar, kamu bisa menggunakan Ctrl+V.

7. Windows + E

Untuk membuka File Explorer, kamu juga bisa menggunakan shortcut yang satu ini. Shortcut ini akan sangat membantu kamu dalam menghemat banyak waktu, apalagi ketika kamu sedang sibuk melakukan banyak pekerjaan.

8. Windows + Titik

Shortcut keyboard yang jarang di ketahui selanjutnya adalah tombol pintas untuk emoji. Dengan menekan tombol Windows + titik (.) di keyboard, kamu bisa dengan mudah mengakses emoticon. Sayangnya, shortcut ini hanya tersedia pada Windows versi 10 ke atas. Dengan memanfaatkan shortcut ini, kamu tak perlu lagi repot-repot menyalin dan menempelkan emoticon dari Google atau ponselmu.

Baca Juga:Pesona Alam yang Dimiliki Pasti akan Membuat Kamu Betah: 5 Tempat Wisata Favorit di Pulau Selayar, Cocok untuk Healing!Harum Pandan dan Sangat Lezat Unti Kelapa Buat Nagih: Inilah Resep Dadar Gulung Isi Kelapa, Unti Kelapanya Legit!

9. Windows + G

Jika kamu ingin merekam layar di laptop, kamu tak perlu lagi mengunduh aplikasi tambahan. Windows telah menyediakan pintasan dengan kombinasi tombol Windows + G yang memungkinkan kamu untuk melakukan perekaman layar. Mudah, kan?

10. Windows + Panah kanan/kiri

Jika kamu merasa bahwa ukuran layar monitormu kurang memadai untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan. Kamu bisa dengan mudah mengatasi masalah ini dengan menggunakan fitur Windows + tombol panah kanan atau kiri pada keyboardmu.

Dari beberapa jenis shortcut keyboard yang jarang di ketahui tadi, apakah ada shortcut yang sudah sempat kamu coba? Jika belum, jangan lupa catat dan terapkan di keseharianmu ketika menggunakan komputer atau laptop, ya. Selamat mencoba!

0 Komentar