Pendidikan Bagi Pemilih Pemula

0 Komentar

Proyek penguatan profil pelajar pancasila dari kurikulum merdeka adalah kegiatan kokurikuler berbasis proyek, dirancang untuk mendorong upaya pengembangan kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan. Dengan tema suara demokrasi, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa yang berhak menjadi pemilih pemula di tahun ini untuk menyumbangkan suaranya bagi negara.

Pemilu 2024 tinggal menunggu hari. Segala persiapan terkait kampanye, persiapan anggota KPPS, pendistribusian logistik, pengamanan dan pengawasan, hingga sosialisasi bagi pemilih pemula.

SMAN 9 Kota Cirebon merupakan salah satu sekolah di Kota Cirebon yang mengadakan pendidikan untuk pemilih pemula bagi para siswanya melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema suara merdeka pada semester lalu. Melaui tema belajar suara merdeka, siswa diajak berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran demokratis dengan kesadaran dan pemahaman yang lebih mendalam, agar dapat diterapakan dikesehariannya.

Baca Juga:Kombes Pol Sumarni Resmi Jabat Kapolresta CirebonRangka Pipa Instalasi Kolong Jembatan RusakĀ 

Wakil Kepala Kesiswaan SMAN 9 Cirebon, Bambang Rulyanto, menjelaskan selain pembelajaran P5, sekolah juga berkoordinasi dengan Disdukcapil Kota Cirebon untuk melakukan perekaman KTP elektronik, yang menjadi salah satu syarat siswa yang ingin menjadi pemilih pemula di pemilu 2024.

Dengan kegiatan pembelajaran P5 pada tema suara demokrasi, serta pelaksanaan perekaman KTP elektronik bagi siswa yang akan menjadi pemilih pemula, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan rasa tanggung jawab, memahami betapa pentingnya hak suara mereka, serta merasa terlibat dalam proses demokrasi sejak dini

0 Komentar