KKP Datangi Kampung Nelayan Gebang Mekar

0 Komentar

Kawasan kampung nelayan Gebang Mekar, didatangi tim identifikasi calon lokasi kampung nelayan modern (Kalamo), Selasa siang. Kehadiran tim yang didatangi Sekretaris Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Trian Yunanda, untuk menata kampung kampung nelayan agar menjadi kampung nelayan modern yang bisa mendongkrak ekonomi warga setempat.

Tim identifikasi calon lokasi kampung nelayan modern (Kalamo) dipimpin Sekretaris Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Trian Yunanda mendatangi kawasan Pantai Baro Desa Gebang Ilir Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, Selasa siang. Hadir dalam kegiatan itu sejumlah stakeholder terkait untuk melihat sejauh mana lokasi kampung nelayan Gebang Mekar yang akan mendapat program Kalamo.

Kehadiran tim dari KKP, salah satunya ke lokasi nelayan Pantai Baro ini, untuk menata kampung-kampung yang ada di seluruh Indonesia sesuai rencana dari kementerian. Tentunya, dengan merubah kampung nelayan modern, masyarakat desa menjadi produktif, dengan memberikan sejumlah fasilitas.

Baca Juga:Bupati Jamin Pembangunan Infrastruktur Akan Dimulai Awal 2024Menanti Hasil Audit Inspektorat Terkait Ambruknya Gapura Pataraksa 

Disisi lain, program yang digulirkan KKP ini harus didukung oleh para nelayan dan masyarakat pesisir, sehingga ekonomi bisa tumbuh bersama sama. KKP akan memberikan sejumlah program untuk peningkatan kapasitas dan produktivitas usaha perikanan, berupa fasilitasi dan pendampingan kelembagaan dan usaha, program magang koperasi, pelatihan perawatan mesin kapal perikanan, bimbingan teknis sertifikasi kecakapan nelayan.

Sebagai informasi, program Kalamo merupakan upaya pemerintah untuk mengubah wajah kampung nelayan tradisional menjadi modern. Kalamo dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pengusahaan perikanan modern yg dapat meningkatkan produktivitas, kompetensi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi

0 Komentar