Memiliki Kehidupan yang Sejahtera dan Makmur, Berikut 5 Kota Blue Zone Selalu Menerapkan Gaya Hidup Sehat

(unsplash.com/Ivan Ragozin)
(unsplash.com/Ivan Ragozin)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Apakah kamu pernah mendengar istilah blue zone atau zona biru? Zona biru ini merupakan area geografi dengan angka harapan hidup tinggi dan prevalensi penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner, dan stroke yang rendah. Maka dari itu kamu harus mengetahui beberapa kota blue zone.

Masyarkat di blue zone ini menerapkan gaya hidup sehat, mulai dari asupan pola makan seimbang, hingga aktivitas fisik yang rutin. Konsep dari zona biru sendiri di kembangkan oleh Dan Buettner bersama National Geographic. Selama beberapa dekade mengidentifikasi masyarakatnya hidup panjang, sehat, dan sejahtera. Berikut ini kota yang termasuk blue zone.

Kota yang Termasuk Blue Zone

1. Icaria, Yunani

Pulau Icaria yang berada di Yunani ini sebagai salah satu zona biru. Penduduknya cenderung hidup gaya santai dengan tingkat stres yang minim. Pola makan khas Mediterania yang diadaptasi masyarakat, yang kaya akan sayuran, biji-bijian, dan minyak zaitun.

Baca Juga:Mengalami Pembengkakan Pada Area Gusi, Berikut Ini 5 Cara Mengatasi Gusi yang Bengkak Secara Alami – Mudah untuk DilakukanTradisi Melukat di Bali yang Viral di Kalangan Artis Tanah Air : Persiapan Apa Saja yang Harus Dilakukan?

Sementara itu untuk aktivitas yang di lakukan, seperti berkebun dan berjalan kaki yang menjadi bagian dari kehidupan mereka. Tidak hanya itu, interaksi sosial pun erat di dalam pertemuan keluarga dan komunitas.

2. Okinawa, Jepang

Selanjutnya ada Okinawa, Jepang yang merupakan rumah bagi perempuan dengan umur terpanjang di dunia. Faktanya bahwa penduduk sini jarang mengalami penyakit kronis, seperti kanker dan diabetes. Bahkan makanan pokok seperti ubi jalar, kedelai, kunyit, dan goya (pare) di klaim bisa memberikan umur panjang dan kesehatan prima.

3. Ogliastra, Sardinia, Italia

Kota yang termasuk blue zone ini ada Ogliastra, Sardinia, Italia yang di kelilingi pegunungan di kawasan Sardinia, Italia. Serta menjadi salah satu kawasan dengan masyarakat pria berusia lebih dari seratus tahun terbanyak di dunia. Rahasianya ini karena pola makan rendah protein di kota yang di kaitkan dengan rendahnya prevalensi penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes, dan kanker.

4. Semenanjung Nikoya, Kosta Rika

Wilayah yang berada di Amerika Tengah ini, penduduknya memiliki tingkat kematian dini terendah di dunia dan konsentrasi pria berusia seratus tahun tertinggi kedua di dunia. Rahasianya ini sebagian terletak di komunitas agama yang kuat, hubungan sosial yang mendalam, dan aktivitas fisik yang teratur.

Tidak hanya itu, penduduknya cenderung mengikuti pola makan vegetarian atau vegan yang kaya akan kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran segar. 

5. Loma Linda, California, Amerika Serikat

Meskipun Amerika Serikat terkenal dengan kehidupannya yang gemerlap namun, terdapat juga zona biru. Kota Loma Linda, merupakan rumah bagi komunitas Adventis yang menjunjung tinggi keseimbangan antara spiritualitas dan kesehatan.

Bahkan beberapa penduduk bahkan hidup 10 tahun lebih sehat di bandingkan rata-rata orang Amerika. Untuk pola makannya merujuk pada Alkitab, yang mengutamakan biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran menjadi rahasianya.

***

0 Komentar