Menikmati Kenikamatan Kopi Cold Brew yang Aman Bagi Lambung dan Penderita Diabetes

ottencoffee.co.id
ottencoffee.co.id
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Sudahkan kamu mendengar kopi cold brew? Minuman ini sangat cocok di minum di siang hari karena memberikan sensai dingin. Ternyata minuman ini pun aman untuk pencernaan sensitif.

Cold brew merupakan teknik “menyeduh” bubuk kopi dengan air dingin (atau air suhu ruangan) selama kurang lebih 12 – 24 jam untuk mendapatkan rasa yang optimal. Kamu bisa “menyeduh” bubuk kopi dengan cara merendamnya di gelas lalu diam kan dan di saring.

Alat penyeduh yang dapat di gunakan, seperti french press atau cold drip. Untuk teknik penyeduhan dingin ini nantinya akan menghasilkan konsentrat kopi yang pekat. Konsentrat kopi ini bisa di minum langsung sebagai kopi hitam. Ternyata ada banyak manfaat mengonsumi kopi cold brew.

Baca Juga:Rawatlah Gigi Kamu Agar Tidak Bengkak, Ternyata ini 5 Penyebab Gusi Bengkak : Jarang Sikat Gigi?Mulai Dari Italia Hingga Indonesia, Ini Dia Tradisi Minum Kopi Ada di Penjuru Dunia – Nikmati Setiap Seruputnya

Manfaat Kopi Cold Brew

1. Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat kopi ini pun bisa meningkatkan suasana hati. Dari penilitian dalam Psychological Reports menunjukkan bahwa kafein dalam kopi bisa merangsang hormon di otak yang berkaitan dengan suasana hati.

2. Baik untuk Penderita Asam Lambung

Kandungan yang ada pada cold brew tidak seasam kopi tubruk tradisional. Kopi yang di seduh dengan air dingin ini memiliki kadar pH 6,31, berlawanan dengan versi panasnya yang mengandung pH 5,48. Pada skala pH, semakin rendah angkanya, semakin asam zat tersebut. Maka dari itu, kopi ini aman bagi orang-orang yang mempunyai masalah pencernaan, seperti maag atau refluks asam lambung.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat yang lainnya ini bisa meningkatkan kesehatan otak. Hal ini karena kandungan kafein yang dapat merangsang sistem saraf dan meningkatkan kesehatan otak kamu. Bahkan jika mengonsumsi kopi secara teratur berkaitan dengan penurunan penyakit neurodegeneratif (penurunan fungsi sistem saraf pusat), seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

4. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

Kopi ini pun mengandung beberapa zat gizi yang bisa mencegah terkena penyakit jantung. Kandungan tersebut, seperti kafein, fenolik, magnesium, lignan, trigonelline, dan quinides. Selain itu, beberapa kandungan ini bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan tekanan darah.

5. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Dm tipe 2 ini merupakan kondisi ketika tingkat gula darah sangat tinggi. Apabial di biarkan, maka akan berujung pada komplikasi yang lebih serius. Oleh karena itu kopi cold brew bisa mengurangi risiko terkena penyakit ini.

Dalam penelitian Current Diabetes Reviews menyebutkan konsumsi 4 – 6 gelas kopi per hari akan menurunkan risiko diabetes tipe 2. Memiliki kandungan asam klorogenat yang memiliki efek menurunkan gula darah. Untuk mendapatkan manfaat ini ada baiknya jangan tambahkan gula, susu, atau kalori tambahan lain.

***

0 Komentar