Rawatlah Gigi Kamu Agar Tidak Bengkak, Ternyata ini 5 Penyebab Gusi Bengkak : Jarang Sikat Gigi?

(greenwood.dental)
(greenwood.dental)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Jika sedang dalam keadaan gusi yang membengkak memang bisa menimbulkan ketidaknyaman pada mulut. Selain itu juga, bisa mengalami kerusakan pada jaringan dan tulang yang menopang gigi apabila di abaikan. Oleh karenanya kamu harus mengetahui penyebab gusi bengkak.

Awal kemunculan gusi bengkak bisa di tandai dengan gusi memerah, bengkak, dan berdarah ketika kamu menggosok gigi atau menyentuhnya. Di saat gusi membengkak bisa ada beberapa gejala, mulai dari gusi bernanah, bau napas tidak sedap, dan rasa tidak enak di dalam mulut.

Sebetulnya gusi bengkak ini merupakan masalah kesehatan yang cukup umum. Untuk bisa mengatasi gusi yang bengkak ini harus di sesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini ada beberapa penyebab gusi bengkak.

Baca Juga:Mulai Dari Italia Hingga Indonesia, Ini Dia Tradisi Minum Kopi Ada di Penjuru Dunia – Nikmati Setiap SeruputnyaEnggak Cukup Hanya dengan Berolahaga, Bisa Buat Sendiri di Rumah Jus yang Bagus untuk Diet – Terapkan Pola Hidup Sehat

Penyebab Gusi Bengkak

1. Penumpukan Plak di Gigi

Gusi yang membengkak ini bisa di sebabkan karena plak yang menumpuk. Penumpukan plak ini terjadi karena kebersihan gigi yang sering di abaikan, misalnya tidak rajin menggosok gigi. Akhirnya plak pun menumpuk dan seiring waktu akan mengeras hingga menjadi karang gigi.

2. Infeksi Virus, Jamur, atau Bakteri

Ternyata infeksi yang di sebabkan oleh jamur, bakteri, atau virus, bisa menyebabkan peradangan pada gusi (gingivitis). Sehingga bisa menimbulkan gejala dari kondisi itu ialah gusi menjadi bengkak. Selain gingivitis, sariawan yang terjadi pun akan menimbulkan pertumbuhan jamur dan bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi.

3. Kekurangan Vitamin C

Tubuh kamu sangat membutuhkan asupan vitamin C yang baik untuk memperbaiki jaringan di seluruh bagian tubuh, termasuk gigi dan gusi. Selain itu, Vitamin C juga bisa mempercepat penyembuhan luka dan peradangan, memelihara gigi, dan menjaga kesehatan gusi.

Di saat kekurangan vitamin C, pasti akan timbul berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut, seperti sariawan, peradangan gusi, dan gusi bengkak. Untuk terhindar dari kondisi tersebut, kamu harus bisa memenuhi asupan vitamin C dengan mengonsumsi jeruk, semangka, pepaya, melon, stroberi, kiwi, brokoli, tomat, dan kembang kol.

4. Kebiasaan Merokok

Penyebab gusi bengkak yang lainnya ini karena kebiasaan merokok. Kebiasaan ini akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit gusi 2 kali lipat di bandingkan dengan orang yang tidak merokok. Lalu, rokok juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan kuman penyebab gusi bengkak.

5. Penggunaan Obat-Obatan

Mengonsumsi obat-obatan, seperti obat antiepilepsi, kortikosteroid, imunosupresan, kontrasepsi hormonal, obat darah tinggi, dan beberapa jenis antibiotik tertentu, bisa meningkatkan risiko pembengkakan pada gusi. Di karenakan beberapa obat yang mengakibatkan perubahan kadar hormon atau memengaruhi sistem imun tubuh.

***

0 Komentar