Wajib Tahu Nih ! Ternyata Ini Manfaat Daun Ketapang Untuk Kesehatan

Wajib Tahu Nih ! Ternyata Ini Manfaat Daun Ketapang Untuk Kesehatan
Sumber Foto: Shutterstock
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Siapa yang tahu dengan pohon ketapang?. Nah, sudah tahu belum, tenyata ada beberapa manfaat daun ketapang. Penasaran?

Pohon ketapang mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat terutama dalam menjaga kesehatan. Ketapang merupakan tanaman asli Asia Tenggara yang mudah ditemukan di negara seperti Indonesia. Anda sering melihatnya di daerah beriklim pesisir atau subtropis. Namun Ketapang sangat jarang ditemui di Kalimantan dan Sumatera.Hampir seluruh bagian pohon ketapang dapat dimanfaatkan.

Salah satu bagian ketapang yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan adalah daunnya. Ingin tahu lebih banyak mengenai khasiat daun ketapang yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh?

Baca Juga:Sudah Tahu Belum? Ini Dia Manfaat Kunyit Putih Untuk KesehatanFakta Menarik ! Inilah Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

1. Dapat mengurangi hipertensi

Daun ketapang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. Penderita hipertensi dapat memanfaatkannya untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Caranya cukup sederhana. Hanya minum air matang.

2. Bisa menyembuhkan sariawan

Tak hanya menurunkan tekanan darah, daun ketapang juga bisa menyembuhkan maag. Bisul pasti akan menjadi kendala setiap ingin makan. Ternyata daun ini mempunyai kandungan antiseptik yang cukup baik dan ampuh mengobati maag

3. Dapat mempercepat penyembuhan penyakit kulit

Khasiat daun ketapang untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti kurap, kurap, gatal-gatal dan juga jamur. Cara penggunaannya juga sangat mudah yaitu dengan menghancurkan daunnya hingga keluar inti daunnya. Daun yang dihaluskan kemudian dioleskan pada tubuh hingga masalah penyakit kulit teratasi.

4. Bisa melancarkan pencernaan

Khasiat daun ketapang lainnya adalah membantu dalam mengatasi masalah pencernaan. Jika anda mempunyai masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan lain sebagainya, manfaatkan daun keetapangi sebagai obat dengan cara meminum air rebusannya.

5. Meredakan nyeri pada saat haid

Kebanyakan wanita mengalami nyeri saat menstruasi. Nah, kalau misalnya muka Anda seperti itu, maka penggunaan daun ketapang bisa menjadi solusinya. Bagaimana? Hanya mengolahnya menjadi minuman. Rebus daun ketapang lalu minum rebusannya hingga nyeri mereda. Cukup sederhana, bukan.

6. Mempertajam daya ingat

Banyak faktor yang dapat menyebabkan hilangnya memori. Misalnya saja usia, pola makan, genetik atau otak yang jarang di asah. Kemudian Daun ketapang bisa di jadikan solusi untuk mengasah daya ingat. Daun ketapang mengandung senyawa yang memungkinkan otak berfungsi maksimal dan maksimal. Meminum air rebusan daun ketapang secara rutin setiap hari akan meningkatkan daya ingat Anda secara drastis.

Itulah beberapa manfaat daun ketapang untuk kesehatan.

0 Komentar