Armada Donor PMI Kota Cirebon

0 Komentar

PMI Kota Cirebon memiliki armada bus donor yang dapat berkeliling ke sudut-sudut kota, untuk dapat menjangkau lebih dekat pendonornya. Seperti salah satu kegiatan yang rutin berlangsung tiap Minggu pagi sejak 2018 di Stadion Bima, yang selalu mengajak warga yang sedang beraktifitas untuk dapat mendonorkan darahnya memalui armada bus donor.

Salah satu upaya memenuhi persediaan darah untuk Kota Cirebon dan sekitarnya, PMI rutin mengadakan layanan jemput bola di depan pintu masuk Stadion Bima. Dengan menggunakan armada bus donor keliling yang dapat menampung 4 pendonor dalam sekali waktu, kegiatan ini selalu dilakukan pada minggu pagi dan telah rutin berjalan sejak 2018.

Pendonor akan melakukan pemeriksaaan kesehatan yang dilakukan terlebih dahulu, untuk meminimalisir resiko kesehatan bagi pendonor dan penerima darah, yang kemudian dilanjutkan dengan pengambilan darah oleh petugas di dalam armada bus donor. Dalam sekali kegiatan yang berlangsung mulai pukul 6 pagi hingga 12 siang tersebut, PMI Kota Cirebon rata-rata dapat memperoleh tidak kurang dari 50 kantong darah.

Baca Juga:Polsek Talun Giat Ops KRY Antisipasi C3, dan Gank MotorPolsek Seltim Razia Knalpot Brong

Dengan mendatangi langsung pendonor yang sedang beraktifitas di sekitar Stadion Bima, PMI Kota Cirebon dapat memenuhi kebutuhan darah dalam sepekan sekitar 20 persen dari permintaan dari rumah sakit atau puskesmas untuk dalam kota. Kesempatan bagi instansi swasta, komunitas, hingga partai politik juga sangat terbuka, jika tertarik untuk dapat bekerja sama menyelenggarakan aksi donor darah.

Meski dihadapkan dengan berbagai tantangan dilapangan seperti cuaca hingga ketersediaan tempat yang terbatas, seperti yang berada di Stadion Bima, PMI Kota Cirebon tetap berkomitmen untuk menjamin ketersediaan darah bagi pasien-pasien yang membutuhkan stok darah

0 Komentar