Gunakan 7 Bahan Ini Sebagai Cara untuk Mengatasi Makanan yang Terlalu Pedas

Cara Mengatasi Makanan yang Terlalu Pedas
Cara Mengatasi Makanan yang Terlalu Pedas (Freepik)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Pernahkah saat memasak namun hasilnya malah terlalu pedas? Jangan panik dan jangan buru-buru untuk dibuang. Pasalnya, ada cara untuk mengatasi agar makanan jadi tidak terlalu pedas dan tentunya bisa dikonsumsi.

Beberapa cara yang dapat dilakukan yakni dengan menambahkan bahan lain ke dalam makanan yang telah dimasak. Maka dengan penambahan bahan lain, dapat membantu untuk menetralisir rasa pedas yang ada pada makanan sehingga rasa pedas akan berkurang.

Namun tentunya, bahan-bahan tambahan yang akan digunakan, bisa disesuaikan dengan jenis makanannya. Berikut ini, jenis bahan-bahan tambahan yang bisa ditambahkan ke dalam makanan seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:Bisa Membersihkan Karat Hingga Jadi Masker, Inilah Macam-macam Kegunaan Kentang Selain Diolah Menjadi MakananMengeksplorasi Ide Olahan Makanan dari Kentang: Mulai dari Makanan Berat Hingga Camilan

Bahan Tambahan untuk Mengurangi Pedas pada Makanan

1. Menambahkan Air

Cara pertama yang paling mudah yakni dengan menambahkan air. Namun kembali lagi dengan penjelasan di atas, bahan yang digunakan bisa disesuaikan dengan jenis makanannya sehingga tidak semua makanan cocok dengan cara ini. Penambahan air akan cocok pada makanan dengan tipe berkuah.

2. Menambahkan Cairan Asam

Jika cara yang di atas tidak cocok dengan tipe makanannya, maka bisa menambahkan cairan asam untuk menetralisir pedas. Dalam menambahkan cairan asam ke dalam makanan yang terlalu pedas, bisa menggunakan bahan seperti lemon, tomat, jeruk nipis, hingga cuka. 

3. Menambahkan Gula

Berikutnya yakni dengan menambahkan gula. Seperti halnya cara di atas, gula juga mampu mengurangi pedas. Bisa tambahkan madu, kecap manis, maupun gula pasir. Hanya saja, jangan lupa untuk mengoreksi rasa agar rasa makanan tidak kemanisan.

4. Menambahkan Produk Olahan Susu

Susu merupakan bahan yang dapat digunakan untuk menetralisir pedas makan makanan. Begitupun juga dengan produk olahannya seperti yoghurt, krim, keju dan lain-lain. Biasanya, penambahan produk olahan susu akan cocok pada jenis makanan seperti soto atau pasta. Selain dapat mentralisir pedas, makanan juga akan menjadi lebih terasa creamy.

5. Menambahkan Selai Kacang

Selai kacang mempunyai rasa gurih dan menjadi salah satu jenis selai yang biasa digunakan untuk menjadi olesan pada roti. Namun tidak hanya bisa digunakan untuk roti, selai kacang juga dapat berperan untuk menetralisir pedas pada makanan. Namun tentunya, masukkan selai kacang secara perlahan agar rasanya sesuai yang diinginkan.

6. Menambahkan Garam atau Penyedap

Cara selanjutnya yaitu dengan menambahkan garam atau penyedap. Namun saat menambahkan garam atau penyedap, perlu diperhatikan jumlah takaran yang akan dimasukkan. Alih-alih untuk menetralisir pedas, makanan justru malah menjadi terlalu asin.

7. Menambahkan Bahan Lain

Cara terakhir yakni dengan menambahkan bahan lain yang memiliki rasa hambar. Bisa kentang, roti, nasi atau lainnya. Mengenai penambahan bahan ke dalam makanan, bisa disesuaikan dengan jenis makanan tersebut.

 

0 Komentar