Petani Di Desa Bayalangu Kidul Kompak Menormalisasi Irigasi

Petani Di Desa Bayalangu Kidul Kompak Menormalisasi Irigasi
0 Komentar

Kelompok Tani Putri Cina di Desa Bayalangu, Kabupaten Cirebon, melakukan gotong royong untuk menormalisasi irigasi menjelang masa tanam.

Kelompok Tani Putri Cina Desa Bayalangu Kidul, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, secara kompak melakukan gotong royong untuk menormalisasi aliran irigasi menjelang masa tanam. Gerakan serentak menormalisasi irigasi secara manual dilakukan petani agar seluruh area sawah dapat mendapatkan suplai air yang cukup.

Sedimentasi yang sudah tinggi dianggap mengurangi kapasitas daya tampung irigasi yang mengganggu alirannya air ke sawah petani. Kelompok Tani Putri Cina melibatkan tiga puluh anggotanya untuk terjun dan mengangkat sedimentasi lumpur.

Baca Juga:Rapat Pleno Pemilu 2024 Kec. KesambiPersiapan Pemungutan Suara Ulang Di Kec. Kesambi

Dalam normalisasi irigasi serentak ini, petani juga melebarkan dan memperbesar daya tampung saluran di sepanjang satu kilometer.

Sementara melalui kegiatan normalisasi ini, para petani juga berharap ada dukungan dari pemerintah untuk meningkatkan produksi pertanian. Terlebih wilayah ini sering terjadi banjir, dan gerakan petani untuk menormalisasi irigasi secara manual ini sebagai bentuk keseriusan dalam mendukung program ketahanan pangan.

0 Komentar