Tebing Jalan Provinsi Ciledug Losari Terancam Ambruk – Video

Tebing Jalan Provinsi Ciledug Losari Terancam Ambruk
0 Komentar

Kondisi tebing Sungai Cisanggarung, tepatnya di Desa Kalibuntu, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, kembali tergerus pada Selasa siang. Beberapa tumpukan karung pasir yang sudah dipasang untuk meminimalisir longsoran justru ambruk akibat diterjang banjir deras yang terjadi pekan lalu.

Derasnya arus Sungai Cisanggarung pekan lalu, pasca hujan deras dan air kiriman dari hulu sungai, membuat tebing Sungai Cisanggarung tergerus aliran sungai pada Selasa siang. Terjangan derasnya arus sungai ini sudah beberapa kali terjadi sejak tahun 2020 lalu.

Upaya penanganan darurat juga telah beberapa kali dilakukan oleh Dinas PUPR Provinsi maupun BBWSCC hingga swadaya pemdes setempat. Namun, derasnya aliran sungai akibat banjir membuat karung-karung pasir yang menahan longsoran justru terseret dan runtuh.

Baca Juga:Pedestrian Cipeujeuh Wetan akan Difungsikan Menjadi Taman – VideoDisdik Klaim Satgas TPPK Sudah Berfungsi Maksimal – Video

Longsoran yang terjadi justru semakin mengikis area bawah jalan yang sudah dibeton. Jika terus dibiarkan, warga khawatir jalan ambruk dan merembet pada permukiman sekitar. Warga mengaku, longsoran yang terjadi beberapa tahun kemarin memang sudah dikunjungi berbagai instansi terkait, baik dari Kementerian PUPR bersama anggota Komisi V DPR RI, BBWSCC, Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat, maupun Pemkab Cirebon, namun penanganan hanya sebatas sementara.

Sementara itu, janji BBWSCC untuk memperbaiki tanggul itu belum terlihat. Warga meminta tanggul segera diperbaiki secara permanen, karena jika tidak akan memutus jalur provinsi penghubung Ciledug dan Losari.

0 Komentar