Situs Ki Lobama Di Cirebon – Video

Situs Ki Lobama Di Cirebon
0 Komentar

Di sebuah lokasi di Cirebon, khususnya di Mundu yang dikelilingi pesawahan, terdapat sebuah situs bersejarah, salah satunya adalah Ki Lobama. Dalam sejumlah literatur sejarah, tokoh Ki Lobama merupakan salah satu tokoh yang ditugaskan untuk menyebarkan agama Islam di tanah Cirebon pada abad sebelas Masehi sebelum para Wali Songo.

Suasana sejuk terasa di komplek situs Ki Lobama dengan adanya pepohonan tua dan rindang. Situs ini cukup jauh dari padatnya permukiman warga karena berada di pedesaan wilayah Mundu, Cirebon.

Menurut sejumlah literatur, Ki Lobama merupakan julukan dari Kyai Nu Loba Agama, atau yang memiliki banyak ilmu agama, dan memiliki nama lain Syekh Abdurrahman Al Baghdadi, utusan dari Syekh Abdul Al Jaelani untuk menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, khususnya di tanah Cirebon sekitar abad ke sebelas Masehi, atau sebelum adanya Wali Songo.

Baca Juga:Safari Ramadan Pertama Di Kelurahan Kemantren – VideoKelingan Adminduk Terkoneksi Langsung Dengan Satelit – Video

Di area situs, terdapat sebuah bangunan bertingkat tanpa tiang dan atap yang diklaim sebagai masjid untuk kegiatan ibadah dan dakwah yang dulunya dibangun oleh Ki Lobama. Sementara tidak jauh dari masjid, ada makam di area luar, dan makam Ki Lobama berada di dalam.

Selain Ki Lobama, di sekitar kawasan situs, terdapat persemayaman Pangeran Bratakelana, yang merupakan putra mahkota Kerajaan Cirebon, atau anak dari Syekh Syarif Hidayatullah dari istri Syarifah Baghdadi.

0 Komentar